Menteri Perdagangan dan Wagub Jatim Launching Maskot Harkonas 2020

Jum'at, 31 Januari 2020 - 18:00 WIB
Menteri Perdagangan dan Wagub Jatim Launching Maskot Harkonas 2020
Dari kiri kekanan, Dirjen Perlindungan Konsumen & Tertib Niaga (PKTN) Kementerian Perdagangan Veri Anggrijono, Menteri Perdagangan Agus Suparmanto Agus Suparmanto, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak dan Wakil Ketua Badan Perlindungan Konsum
A A A
SURABAYA - Kementerian Perdagangan (Kemendag) pada hari ini, Jumat (31/1/2020) resmi melaunching maskot Hari Konsumen Nasional (Harkonas) 2020 yang bertajuk "Cak Enda" di ruang Binaloka Kantor Gubernur Jatim Jalan Pahlawan. Cak Enda merupakan maskot berbentuk ikan lumba-lumba.

Penamaan Enda sendiri merupakan singkatan dari Konsumen Berdaya. Lumba-lumba merupakan ikan yang terbilang cerdas dan membantu manusia. Nama ini diharapkan mampu memberi semangat perlindungan terhadap konsumen di Indonesia. Selain itu, Cak Enda ini juga memakai pakaian dan atribut khas Jawa Timur, seperti Udeng Batik Poteh Pancot, beskep hitam, dan jarik.

Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto mengatakan, tahun ini Provinsi Jatim dipilih sebagai tuan rumah penyelenggaraan Harkonas 2020 pada akhir Maret mendatang. Pihaknya menilai, Jatim sangat peduli terhadap konsumen. "Saya masuk ke daerah terbaik peduli konsumen. Sekali lagi selamat, untuk itu kita pilih tempatnya di Jatim," katanya, Jumat (31/1/2020).

Tema Harkonas tahun ini adalah perlindungan konsumen menuju Indonesia Maju. Fokus kegiatan Harkonas 2020 adalah meningkatkan konsumsi dan kepercayaan konsumen. Baginya, ini akan membangun dinamika pasar yang baik.

"Kita harus memberi jaminan kualitas dan kesinambungan. Perlindungan konsumen sangat penting. Harkonas 2020 adalah penanda bahwa negara hadir dalam perlindungan konsumen," imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak mengatakan, Harkonas adalah momentum penting karena mencakup aspek luas, mulai dari fair price, fair quantity, dan fair quality.

Dengan teknologi terkini, ada terobosan-terobosan, untuk melindungi konsumen, memberikan kepercayaan. "Tentunya hal ini merupakan bentuk optimisme bagi perusahaan untuk bisa berbisnis secara adil," kata Emil. Harkonas 2020 akan digelar pada 29-30 Maret 2020 di lapangan Kodam V/ Brawijaya, Surabaya.
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.2601 seconds (0.1#10.140)