Menikmati Lobster di Warung Bu Gandos Pacitan yang Jos Gandos

Minggu, 02 Februari 2020 - 04:01 WIB
Menikmati Lobster di Warung Bu Gandos Pacitan yang Jos Gandos
Piknik ke Pacitan semakin lengkap dengan kuliner di Warung Bu Gandos yang menyajikan menu lobster.Foto/SINDONews/Masdarul Kh
A A A
PACITAN - Piknik ke Pacitan, Jawa Timur, tak lengkap rasanya bila tidak berwisata kuliner. Ada banyak tempat makan yang menjadi pilihan wisatawan di daerah yang dijuluki Kota 1000 Goa tersebut.

Salah satu yang direkomendasikan adalah Warung Makan Bu Gandos. Tempat makan ini mudah ditemukan karena lokasinya di pinggir Jalan Raya Solo-Pacitan, tepatnya di Desa Bagak, Kecamatan Sidoharjo.

Pilihan menunya beragam, kebanyakan ikan laut. Ada lobster, udang goreng, sate tuna, sayur pedas tuna, oseng cumi pedas, tahu tempe dan masih banyak pilihan lain. Salah satu menu favorit adalah gule ikan tongkol dan sate tuna. Warung yang berdiri sejak 2015 ini menjadi spesial karena menyajikan nasi tiwul yang mungkin tak banyak dijumpai di tempat makan yang lain. Karenanya, pengunjung banyak yang memesan nasi tiwul ini untuk disantap. Nasi tiwul dipadukan dengan sayur lodeh dan urap rasanya semakin maknyus.

Sambil menunggu masakan matang, pengunjung bisa memesan berbagai minuman yang disediakan di warung tersebut. Namun tak sempurna jika di tepi pantai tidak minu es degan (kelapa muda) ditemani semilir angin sambil lesehan beralas tikar.

Di warung ini, pengunjung bisa memilih lesehan yang letaknya di belakang atau duduk kursi di sisi depan. Jika memilih duduk di kursi, pengunjung bisa melihat langsung proses membakar sate tuna yang aromanya bisa menggugah selera.

Tak hanya makanannya yang enak, warung yang buka mulai pukul 07.00 sampai 17.00 WIB ini juga menawarkan view menarik. Lokasinya di pinggir tebing dan dekat dengan pantai selatan. Pengunjung bisa betah dan berlama-lama di warung makan ini.

Sambil menyantap menu yang dipesan, bisa menikmati pemandangan laut Pacitan. "Wow, enak sekali tempatnya. Bisa makan sambil lesehan, menikmati menu yang maknyus. Pemandangannya juga bikin betah," ujar Al Anisa, pengunjung dari Yogyakarta.

Perempuan berkerudung ini mengaku cocok dengan masakan di Warung Bu Gandos. Dia yang terbiasa dengan masakan Yogyakarta, mengaku tak kaget saat menyantap hidangan yang dipesannya berupa nasi tiwul, lodeh dan sate tuna. "Pedas iya, tapi enak. Tetap lahap menyantapnya," tambah Al, panggilannya, yang datang ke Pacitan bersama rombongan.

Demikian juga pengakuan Hartono dari komunitas motor matic Magelang. Pria berkacamata ini baru pertama kali datang ke warung ini. Dia mendapat info dari teman-teman komunitasnya yang pernah touring ke Pacitan.

"Penasaran pastinya. Dan saya membuktikannya sekarang. Enak dan harganya sangat terjangkau. Layak untuk didatangi lagi," katanya. Yang membuat ingin kembali datang ke lokasi ini adalah kesegaran dari ikan yang disajikan. Selain itu, citarasa yang disuguhkan sangatlah pas dan tidak berlebihan. Rasa asin, manis, dan juga gurihnya menyatu dengan rasa pedas
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9693 seconds (0.1#10.140)