Arsitek Rumah Sakit Virus Corona di China Ternyata Kelahiran Jember

Minggu, 09 Februari 2020 - 06:00 WIB
Arsitek Rumah Sakit Virus Corona di China Ternyata Kelahiran Jember
Prof. Huang Xiqiu arsitek yang merangcang rumah sakit virus Corona, Huoshenshan di Wuhan, China, ternyata kelahiran Indonesia. Foto/Kolase/Sindonews
A A A
JAKARTA - China berhasil mendirikan rumah sakit khusus dalam menghadapi wabah virus Corona. Rumah Sakit Huoshenshan di Wuhan, pusat epidemi virus 2019-nCov itu, dibangun dalam waktu 10 hari.

Namun tahukah Anda jika ada orang Indonesia di balik keberhasilan China membangun rumah sakit itu?

Dia adalah Prof. Huang Xiqiu yang merancang rumah sakit itu. Ia diketahui warga negara China kelahiran Jember, Jawa Timur, 79 lalu. Informasi ini pun dibenarkan oleh juru bicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying.

"Prof. Huang lahir di Indonesia dan dibesarkan di China. Ia mengaku sangat menghargai arsitektur, terutama dalam bidang arsitektur medis," kata Chunying, dalam rilis yang diterima Sindonews, Jumat (7/2/2020).

Sumbangsih Huang Xiqiu pun dalam membantu pemerintah China memerangi wabah penyakit tidak hanya kali ini saja. "Ia telah membuat kontribusi penting untuk pertempuran kita melawan SARS dan epidemi ini," ungkap Chunying.

Chunying meyakini jika Huang Xiqiu memiliki kenangan indah tentang Indonesia, yang merupakan tempat kelahirannya. "Kami berharap persahabatan China-Indonesia akan semakin dalam dan memberikan hasil yang lebih bermanfaat," tukasnya
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.7440 seconds (0.1#10.140)