alexa snippet
more
TOPIK TERPOPULER

Mahasiswa Forensik Unair Diterjunkan Bantu Identifikasi Jenazah

Aan Haryono
Mahasiswa Forensik Unair Diterjunkan Bantu Identifikasi Jenazah
Beberapa mahasiswa forensik Unair saat mengidentifikasi mayat korban gempa Palu. Foto/Ist

SURABAYA - Sebanyak lima mahasiswa Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga (Unair)  mulai diterjunkan dalam proses identifikasi forensik korban gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

Pudji Hardjanto, salah satu mahasiswa forensik Unair menuturkan, pihaknya bergabung dengan tim Disaster Victims Identification (DVI) Mabes Polri untuk melakukan fungsi identifikasi jenazah korban gempa dan tsunami Palu-Donggala.

"Saat ini ada sekitar 800 jenazah lebih yang telah diidentifikasi. Dalam sehari setidaknya tim bisa mendeteksi sekitar 100 jenazah," ujar Pudji, Jumat (12/10/2018).

Ia melanjutkan, pada hari-hari awal setelah bencana terjadi pembusukan jenazah masih  wajar. Namun, pada hari ketiga dan seterusnya kondisi jenazah semakin rusak.

Tim DVI sendiri hanya mengandalkan sidik jari serta properti yang masih melekat di tubuh jenazah. Namun, kebanyakan pakaian sudah terlepas dan hilang dari jenazah. "Identifiaksi forensik kami lakukan di RS Bhayangkara Palu. Karena banyaknya jenazah, tidak semua bisa teridentifikasi dengan baik," ungkapnya.

Saat ini, katanya, identifikasi forensik sudah ditutup karena memang jenazah sulit untuk dikenali. Satu-satunya adalah melalui DNA, namun butuh waktu dan sampel. Selanjutnya, tim DVI melakukan identifikasi jika ada konflik yang menyangkut hukum. Seperti yang pernah terjadi, rebutan jenazah dari dua keluarga karena kondisi jenazah yang mirip.

Wakil Direktur I Sekolah Pascasarjana Unair Prof Anwar Ma'ruf menuturkan, semoga kehadiran mahasiswa forensik ikut membantu warga yang sedang berduka di Palu-Donggala. Sebab,  tenaga dari forensik sangat diperlukan dalam bencana seperti ini. Di sana para mahasiswa bisa membantu sambil belajar.



(msd)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif