Pemprov Siapkan Rp23,7 Miliar Pulihkan Bangunan Rusak Akibat Gempa

Minggu, 14 Oktober 2018 - 14:07 WIB
Pemprov Siapkan Rp23,7 Miliar Pulihkan Bangunan Rusak Akibat Gempa
Semua pihak bahu membahu untuk memulihkan kondisi rumah dan bangunan yang rusak karena gempa bumi di Sapudi. Foto/Ist
A A A
SURABAYA - Pemprov Jatim mengalokasikan anggaran untuk perbaikan bangunan korban bencana gempa di Pulau Sapudi, Sumenep sebesar Rp23,7 miliar.


Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumenep menyebutkan, sebanyak 498 bangunan di Pulau Sapudi rusak akibat gempa magnitudo 6,4 SR yang berpusat di timur laut Situbondo, Kamis (11/10/2018) dini hari.


Kerusakan bangunan ini terjadi di Kecamatan Gayam sebanyak 427 bangunan dan sisanya 71 bangunan di Kecamatan Nonggunong, Pulau Sapudi. Jumlah total kerusakan bangunan terdiri rumah, tempat ibadah dan bangunan sekolah. Gempa juga mengakibatkan 3 orang meninggal dunia, 34 mengalami luka-luka dan 1 orang mengalami patah tulang.

“Sambil menunggu pendataan dan update tingkat kerusakan, semua rumah akan diperbaiki. Saya minta masyarakat ikut bergotong royong membantu petugas. Dalam kondisi bencana ini, anggota TNI diterjunkan untuk membantu merehabilitasi rumah kembali,” katanya, Minggu (14/10/2018).

Dia menambahkan, saat ini masih dihitung kebutuhan dana bantuan setiap perbaikan rumah di Sumenep. Jika mengacu pada perbaikan rumah saat musibah tanah longsor di Ponorogo, setiap rumah berhak atas perbaikan Rp10 juta. Namun yang roboh harus dibangunkan kembali rumah.

Dirinya mengklaim, penanganan pascagempa magnitudo 6,4 yang berdampak paling parah di Pulau Sapudi, Sumenep cukup cepat. “Dalam waktu 21 hari pasca gempa, kondisi di Sumenep kembali pulih. Tim medis sudah ada disana untuk menangani para korban,” tandasnya.

(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.3782 seconds (0.1#10.140)