alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pertumbuhan Jatim 5,52%, Blibli Targetkan 150 Ribu Merchant

Edi Purwanto
Pertumbuhan Jatim 5,52%, Blibli Targetkan 150 Ribu Merchant
Executive Vice President (EVP) of Operations and Product Management Blibli.com Lisa Widodo didampingi perwakilan PT Baruna Jaya Elektronik, Yanata Fajarwati Utami (kanan) menjelaskan potensi pasar di Jawa Timur. Blibli menargetkan pertumbuhan merchant hin

SURABAYA - Blibli menargetkan pertumbuhan merchant pada 2020 sebanyak 150.000 merchant, dari jumlah tahun sebelumnya sebanyak 75.000. Target tersebut terbilang optimistis karena didorong oleh pertumbuhan ekonomi Jawa Timur sebesar 5,52%.
 
“Blibli.com mengalami pertumbuhan bisnis yang sangat positif. Nilaigross merchandise value (GMV) Jawa Timur tumbuh 110% pada tahun 2019 dibandingkan tahun sebelumnya, ditopang oleh kenaikan jumlah merchant, atau penjual, sebanyak 80%,” ungkap Lisa Widodo, Executive Vice President (EVP) of Operations and Product Management Blibli.com di Surabaya, Rabu (12/2/2020).

Jawa Timur adalah pasar yang vital bagi Blibli.com, di mana Surabaya adalah pasar kedua terbesar bagi bisnis Blibli.com.Saat ini mal online ini memiliki 75.000 merchant, 50.000 brand, dan 8.000.000 produk.

Untuk melayani jutaan transaksi tersebut, Blibli fokus mendorong perkembangan pasar ritel Jawa Timur dengan membangun ekosistem e-commerce, termasuk jaringan gudang di Sidoarjo seluas 26.500 meter persegi. Gudang ini didukung oleh dua hub lainnya di Sidoarjo dan Sukomanunggal.  



“Memiliki gudang sendiri memungkinkan Blibli.com untuk menghadirkan manfaat e-commerce baik bagi para pelanggan dan penjual. Pengiriman pesanan ke para pelanggan semakin cepat karena gudang kami dekat dengan pusat populasi,” tambah Lisa.

Hadirnya gudang bermanfaat bagi para penjual karena mereka bisa menaruh produk-produk mereka di gudang Blibli.com. Hal ini mengurangi biaya untuk mengelola gudang sendiri.

Selain itu, Blibli.com juga membantu para penjual dengan layanan pengemasan dan pengiriman barang untuk semua produk yang dititipkan di gudang Blibli.com.

“Ke depannya, Blibli.com akan terus memperkuat kehadirannya di Jawa Timur agar semakin kuat dalam menghadirkan pengalaman ritel yang menyeluruh bagi para penjual dan pelanggan,” tutup Lisa.

Selain membangun ekosistem e-commerce, Blibli.com juga fokus meningkatkan sistem pelayanan konsumen melalui gratis ongkos kirim, 100% orisinal, 15-hari retur, pengiriman cepat, pembayaran aman, dan layanan konsumen 24/7. Secara nasional, ada tiga produk yang paling diburu pembeli Blibli.com, antara lain, minyak goreng, makanan instan, dan smartphone Android.

Puri Cell, salah satu merchant Blibli.com mengaku sejak bergabung dengan penjualan online mengalami kenaikan penjualan, baik dari offline dan online sebanyak 80%.

”Pada awalnya penjualan off line kita turun 50% per tahun. Akhirnya kita gabung dengan Blibli pada 2018. Saat ini kita mengalami kenaikan 80% penjualan, dengan perincian sekitar 20% dari toko offline, dan 60% dari merchant online,” jelas Yanata Fajarwati Utami, Leader Counter PT Baruna Jaya Elektronik, pemilik Puri Cell.



(msd)

Berita Terkait