alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Cegah Corona, Mahasiswa Asing IAIN Tulungagung Diperiksa

Solichan Arif
Cegah Corona, Mahasiswa Asing IAIN Tulungagung Diperiksa
Ilustrasi pemeriksaan virus Corona. Foto/SINDOnews/Dok

TULUNGAGUNG - Para mahasiswa asing di lingkungan kampus IAIN Tulungagung diminta menjalani pemeriksaan (screening) kesehatan. Observasi untuk mencegah penularan virus Corona itu dilakukan dengan mengecek suhu tubuh masing masing mahasiswa.

Kasi Imunisasi Dinkes Kabupaten Tulungagung, Satrio Wibowo, mengatakan,   pemeriksaan menunjukkan hasil nihil alias tidak ada mahasiswa asing yang beresiko terjangkit virus Corona. "Semua (mahasiswa asing) tidak mempunyai faktor resiko terjangkit virus Corona," kata Satrio Wibowo kepada wartawan di Tulungagung, Kamis (13/2/2020).

Dalam kegiatan antisipasi ini, Dinkes Tulungagung bekerja sama dengan Kantor Imigrasi Klas II Blitar. Sesuai data keimigrasian, jumlah mahasiswa asing di IAIN Tulungagung mencapai 106 orang. Semuanya berasal dari Negara Thailand.



Menurut Satrio, dari semua yang diperiksa ini ada satu mahasiswi yang baru saja tiba di Indonesia (Tulungagung) pada 8 Februari 2020 lalu. Mengingat kasus Corona sudah menyebar ke Thailand, yang bersangkutan kata Satrio akan dipantau hingga selesainya masa inkubasi (14 hari).

"Akan kami pantau sampai masa inkubasi," kata Satrio. Selain satu orang yang baru saja tiba di Indonesia, ada empat mahasiswa asal Thailand yang masih berada di luar negeri. Meski belum diketahui kapan kembali (ke Indonesia), begitu tiba keempatnya dipastikan juga akan diobservasi.

Kepala Imigrasi Klas II Blitar, Andika Pandu Kurniawan, mengatakan, observasi yang berlangsung hari ini merupakan lanjutan dari kegiatan dua minggu lalu. Sebelumnya, Imigrasi Blitar dan dinkes Tulungagung telah mengobservasi 16 warga asing yang berada di Tulungagung.

Sebanyak 16 orang itu  bertempat tinggal di Tulungagung karena menikah dengan warga setempat itu berasal dari Negara China, Hongkong dan Taiwan. Hasilnya ke 16 warga asing itu dipastikan sehat karena di masa penyebaran virus Corona mereka tidak melakukan perjalanan ke luar negeri.

"Kegiatan hari ini spesifik ke IAIN Tulungagung," ujar dia. Terkait empat mahasiswa yang masih melakukan perjalanan ke luar negeri, pihak Imigrasi kata Andika belum tahu pasti negara mana yang mereka singgahi. Imigrasi sudah meminta pihak kampus (IAIN Tulungagung) untuk berkoordinasi jika sewaktu waktu mereka datang.

"Begitu datang tentunya akan dilakukan pemeriksaan lanjutan," kata Andika. Sesuai data Imigrasi Blitar, jumlah orang asing yang berada di Kabupaten Tulungagung sebanyak 170 orang. Dari jumlah itu 106 diantaranya warga Negara Thailand yang belajar di kampus IAIN Tulungagung.



(nth)