Mau Ginjal Tetap Sehat, Jangan Lakukan Hal Ini

Senin, 15 Oktober 2018 - 15:17 WIB
Mau Ginjal Tetap Sehat, Jangan Lakukan Hal Ini
Foto Ilustrasi/Istimewa
A A A
MAKASSAR - Pasti perasaan kita bakalan hancur lebur dan kehilangan semangat hidup saat divonis gagal ginjal stadium akhir. Apalagi jika kamu harus melakukan cuci darah.

Belum biaya pengobatan yang sangat tinggi, pasti membuat hari-harimu suram. Namun demikian kamu bisa mencegah agar tidak terkena penyakit tersebut, mulailah hidup sehat dan mengkonsumsi air putih.

Jangan lupa, hindari sejumlah kebiasaan ini sebab dapat memicu dan menyadi penyebab utama rusaknya ginjal. Dilansir dari berbagai sumber, inilah sejumlah kebiasaan yang harus kamu hindari.

1 Mengkonsumsi Minuman Penambah Energi
Minuman energi merupakan minuman yang berbahaya untuk tubuh jika dikonsumsi terlalu banyak atau terlalu sering, selain itu minuman kopi, soda, teh dalam jumlah banyak juga bisa membahayakan ginjal. Hindari minuman-minuman penambah energi dan mnimulah minuman yang alami. Konsumsi air putih yang cukup, untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh dan menjaga kerja ginjal agar tidak terlalu berat. Karena air putih dapat membantu melancarkan fungsi ginjal saat melarutkan racun.

2 Begadang
Begadang merupakan salah satu kebiasaan yang dapat merusak ginjal. Begadang berpotensi menganggu tekanan darah dalam tubuh, ginjal merupakan organ penting yang sangat erat kaitannya dengan tekanan darah. Jika tekanan dalam tubuh tidak stabil maka tentunya akan mempengaruhi kerja ginjal.

3 Menahan Buang Air Besar dan Kecil
Karena terlalu sibuk, atau malas untuk pergi ke toilet, terkadang orang suka menahan buang air kecil ataupun buang air besar. Menahan buang air kecil sama halnya kita menahan bakteri dalam tubuh lebih lama. Nah banteri yang tertahan lebih lama berpotensi membuat bakteri berkembang biak lebih banyak dan masuk ke ginjal. Inilah nantinya yang akan merusk ginjalmu.

4 Mengkonsumi Narkotika
Konsumsi obat-obatan terlarang tentu saja akan sangat berbahaya bagi tubuh terutama bagi organ ginjal. Karena hal itu akan memicu kerja ginjal menjadi lebih berat. Tidak hanya obat-obatan terlarang, namun penggunaan obat tanpa ada anjuran resep doketr juga tidak dianjurkan.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.7269 seconds (0.1#10.140)