alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Lapas Blitar Tegaskan Tidak Ada Perlakuan Khusus untuk Samanhudi

Solichan Arif
Lapas Blitar Tegaskan Tidak Ada Perlakuan Khusus untuk Samanhudi

BLITAR - Lapas Kelas II B Blitar menegaskan tidak ada perlakuan khusus untuk narapidana kasus korupsi Moh Samanhudi Anwar yang Jumat ini (14/2) dipindah dari Lapas Medaeng ke Blitar.

Menurut Kepala Keamanan Lapas Kelas II B Blitar, Bambang Setyawan, setelah dari ruang mapenaling (masa pengenalan lingkungan), Samanhudi akan ditempatkan di blok yang berbaur dengan napi lainnya.

"Jadi tidak ada blok khusus. Tidak ada blok khusus, "tegas Bambang Setyawan kepada wartawan Jumat (14/2). Lapas Blitar, kata Bambang tidak bisa menyediakan blok khusus dengan alasan over kapasitas.



Samanhudi akan bertempat di kamar yang juga dihuni narapidana kasus tipikor lain bersama napi manula. Termasuk juga napi Bambang Purnomo, kurir yang dalam kasus Samanhudi hari ini juga pindah ke lapas Blitar.

Termasuk Samanhudi dan Bambang Purnomo di kamar itu ada enam napi kasus tipikor. "Satu kamar sekitar 20 an orang, "papar Bambang.

Selama tiga hari ke depan Samanhudi Anwar akan lebih dulu menghuni ruang mapenaling (masa pengenalan lingkungan). Samanhudi berhasil pindah dari lapas kelas II A Medaeng ke Blitar setelah Kemenkum HAM Jatim menyetujui permohonan keluarga.

Izin pemindahan diterbitkan Kanwil Kemenkum HAM 11 Februari 2020 dan dilaksanakan pada hari ini (14/2) atau tiga hari kemudian.

Menurut aktivis anti korupsi Blitar Moh Trijanto, harus ada penjelasan konkrit alasan pemindahan Samanhudi Anwar ke Blitar. Persetujuan yang diberikan Kanwil Kemenkum HAM Jawa Timur harus dijelaskan.

Sebab dari seluruh kasus korupsi kepala daerah yang terjaring OTT KPK di Jawa Timur, kebijakan pemindahan Samanhudi bisa jadi pertama kali dan baru satu satunya.

"Ini yang akan kita telusuri alasan konkrit mengapa mantan Walikota Blitar bisa dilayar ke lapas Blitar, "ujarnya. Meski begitu Trijanto percaya Lapas Blitar tidak akan memberikan perlakuan istimewa kepada Samanhudi Anwar.

Setahu dia lapas Blitar merupakan salah satu lapas percontohan yang berhasil menerapkan aturan pembinaan yang tegas. Seperti diberitakan, Jumat ini (14/2) mantan Walikota Blitar Muh Samanhudi Anwar yang juga napi kasus korupsi dipindah dari lapas Medaeng Sidoarjo ke lapas Blitar.

Perpindahan Samanhudi yang bersama napi Bambang Purnomo telah mendapat persetujuan Kanwil Kemenkum HAM Jawa Timur.



(msd)