Lionel Messi Raih Penghargaan Olahragawan Terbaik Dunia

Selasa, 18 Februari 2020 - 19:35 WIB
Lionel Messi Raih Penghargaan Olahragawan Terbaik Dunia
Untuk pertama kalinya sepanjang karier, Lionel Messi menerima penghargaan Laureus Sportsman of the Year. Foto: reuters
A A A
BARCELONA - Dua bulan setelah merebut Ballon d’Or keenamnya, Lionel Messi kembali mendapat penghargaan prestisius. Penyerang Barcelona itu dianugerahi Laureus Sportsman of the Year (Olahragawan Terbaik Dunia Laureus) periode 2020.

Setelah lima kali hanya masuk sebagai nominasi, Messi akhirnya keluar sebagai pemenang. Dia kini bisa tersenyum dengan bangga. Sebab, ini membuktikan kalau kontribusi La Pulga di dunia olahraga benar-benar sudah mendapat pengakuan.

Maklum, sebelumnya Messi kalah dari Usain Bolt (2010), Rafael Nadal (2011) dan Novak Djokovic (2012). Lalu, kembali dikalahkan Bolt (2013) dan Djokovic (2016). Pencapaian ini melahirkan dua catatan unik.

Pertama, Messi berbagi penghargaan ini dengan legenda balap Formula One (F1) Lewis Hamilton. Mereka meraih suara yang sama dari akademi Laureus yang berisi ikon olahraga. Ini belum pernah terjadi sebelumnya.

Mereka berdua berhasil menyingkirkan pesaing lainnya seperti Tiger Woods, Nadal, Marc Marquez dan Eliud Kipchoge. Dengan kata lain, ini pertama kalinya sepanjang karier, Messi menerima penghargaan tersebut.

Sayangnya, Messi tidak bisa hadir saat penyerahan piagam. Tapi, bomber asal Argentina itu menyampaikan rasa terima kasihnya. “Saya meminta maaf karena tidak bisa hadir pada acara itu. Saya sangat ingin hadir. Tapi, sayangnya tidak sempat,” ucapnya.

“Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada Akademi karena telah memberi saya pengakuan ini. Sejujurnya, ini penghargaan yang sangat spesial. Saya bersyukur menjadi yang pertama memenanginya dari tim olahraga (sepak bola),” lanjutnya, dilansir skysport.

Ya, Messi menjadi pesepak bola pertama yang mendapatkan penghargaan ini. Sebab, pemenang sebelumnya rata-rata dari cabang olah raga individu, seperti golf (Woods), balap mobil (Michael Schumacher, Sebastian Vettel, Hamilton), atletik (Bolt), balap sepeda (Lance Armstrong) dan tenis (Roger Federer, Nadal Djokovic)
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.5966 seconds (0.1#10.140)