Falcon Star-eMLU Pesawat F-16 A/B Block 15 Diapresiasi Kasau

Rabu, 19 Februari 2020 - 22:36 WIB
Falcon Star-eMLU Pesawat F-16 A/B Block 15 Diapresiasi Kasau
Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna mengapresiasi pelaksanaan program Falcon Star-eMLU pesawat F-16 A/B Block 15. Foto/Penerangan Lanud Iswahjudi
A A A
MADIUN - Pelaksanaan program Falcon Star-eMLU pesawat F-16 A/B Block 15, mendapatkan apresiasi langsung dari Kepala Staf TNI AU (Kasau), Marsekal TNI Yuyu Sutisna.

Program Falcon Star-eMLU pesawat F-16 A/B Block 15 tersebut, pengerjaannya dilakukan oleh teknisi-teknisi TNI AU di Skadron Teknik 042 Lanud Iswahjudi.

Marsekal bintang empat tersebut, menyaksikan langsung Functional Check Flight atau uji terbang perdana, pesawat F-16 TS-1610 yang dilaksanakan di Skadron Udara 3, Lanud Iswahjudi, Selasa (18/2/2020).

Pesawat F-16 TS-1610 merupakan salah satu dari 10 pesawat yang akan di upgrade melalui program ini. Program Falcon Star-eMLU Pesawat F-16 A/B Block 15 TNI AU bertujuan meningkatkan kemampuan Airframe, Avionic dan Armament serta memaksimalkan usia pakai pesawat F-16 A/B Block 15 yang telah dioperasionalkan TNI AU sejak 30 tahun silam.

Sementara uji terbang perdana yang disaksikan langsung oleh Kasau tersebut, merupakan fase akhir dari pengerjaan program Falcon Star-eMLU untuk menguji seluruh hasil pengerjaan yang telah dilaksanakan meliputi struktur pesawat, sistem avionic, dan sistem persenjataan.

"Yang lebih membanggakan adalah proyek ini dikerjakan langsung oleh teknisi TNI AU, sehingga melalui program ini kita dapat meningkatkan kemampuan pesawat, sekaligus transfer of teknologi dalam pengerjaannya dapat meningkatkan kemampuan teknisi-teknisi TNI AU," tegas Kasau.

Sebelum pesawat melaksanakan uji terbang, Kasau berkesempatan membubuhkan tanda tangannya di bagian depan badan pesawat sebagai apresiasi atas keberhasilan program Falcon Star-eMLU Pesawat F-16 A/B Block 15 TNI AU.

Functional Check Flight dengan tema First Flight Ceremony TS-1610 ini turut dihadiri oleh sejumlah pejabat teras TNI AU di antaranya para Asisten Kasau, Koorsahli Kasau, Pangkoopsau II, Pangkoopsau I, Dankoharmatau, Kadispenau, Kadislitbangau, Kadiskomlekau, Kadislambangjaau, Kadisadaau dan sejumlah pejabat teras TNI AU lainnya.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.4592 seconds (0.1#10.140)