Diterjang Puting Beliung, Sejumlah Jalan di Kota Blitar Morat Marit

Jum'at, 21 Februari 2020 - 16:44 WIB
Diterjang Puting Beliung, Sejumlah Jalan di Kota Blitar Morat Marit
Tampak pohon bertumbangan di sejumlah ruas jalan Kota Blitar setelah angin puting beliung menerjang. Foto /ist
A A A
BLITAR - Angin puting beliung bersama guyuran hujan lebat menerjang sebagian besar wilayah Kota Blitar Jumat (21/2) sore. Puluhan pohon di sejumlah ruas jalan bertumbangan. Ada yang menimpa jaringan listrik. Namun sebagian besar ambruk melintang di tengah jalan.

Menurut Hartono, warga Kelurahan Bendo, Kecamatan Kepanjen Kidul Kota Blitar, musibah berlangsung cukup lama. "Sekitar 20 menitan, "tutur Hartono yang juga Ketua Ansor NU Kota Blitar kepada Sindonews.com. Dari data yang dihimpun, pepohonan yang tumbang terjadi di jalan Veteran.

Bahkan sebatang pohon juga menimpa roda empat dan roda dua yang terparkir di pinggir jalan. "Infonya saat kejadian tidak ada orangnya (di mobil), "sambung Hartono. Kondisi serupa (pohon bertumbangan) terjadi di Jalan Bali, Jalan Sumatera, Jalan Kenari, dan Jalan Sumba.

Mayoritas pohon yang ambruk terdongkel dari akarnya. Angin juga merusak atap sebagian warung makan dan papan reklame yang tersebar di pinggir jalan Kota Blitar. "Di kawasan PIPP (Pusat Informasi Pariwisata dan Perdagangan) juga ada satu pohon yang tumbang, "katanya.

Selain memacetkan arus lalu lintas, terjangan puting beliung juga memadamkan arus listrik di sejumlah wilayah Kota Blitar.
Hal senada disampaikan Purwanto warga jalan Kenari. Ia melihat terjangan puting beliung datang dari arah selatan. Langit di Kota Blitar yang semula terang, tiba tiba gelap karena diselimuti awan hitam yang berarak.

"Arah angin yang menerjang dari selatan ke utara," kata Purwanto yang saat kejadian berteduh di deretan toko sebelah barat alon alon Kota Blitar. Bahkan saking kuatnya hempasan angin, kata Purwanto burung bangau yang bersarang di pohon beringin alon alon Kota Blitar, terlempar.

"Ada yang terlempar dan masuk lapak makan. Namun tidak sampai mati, "katanya. Meski hujan deras masih mengguyur, puting beliung untungnya segera reda. Purwanto yang hendak pulang ke jalan Kenari mengaku sampai kesulitan memilih jalan. Sebab dimana mana terblokade batang pohon yang tumbang.

"Dan sepanjang jalan pulang ke rumah orang orang pada berada di luar rumah, "tambahnya. Hingga saat ini pihak BPBD Kota Blitar belum bisa dikonfirmasi. Belum diketahui pasti apakah dalam insiden musibah ini ada korban jiwa atau luka.
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.9241 seconds (0.1#10.140)