174 WBP Rutan Perempuan Surabaya Bedol Desa ke Porong

Sabtu, 22 Februari 2020 - 11:35 WIB
174 WBP Rutan Perempuan Surabaya Bedol Desa ke Porong
174 WBP Rutan Perempuan Surabaya Bedol Desa ke Porong
A A A
SIDOARJO - Gedung baru Rutan Perempuan Surabaya (Ruperbaya) di Porong telah rampung dan siap dihuni tahun ini. Sebanyak 174 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dari Ruperbaya berpindah tempat hunian ke lokasi baru.

Gedung baru Ruperbaya terletak di sebelah selatan Lapas Kelas I Surabaya di Desa Macan Mati, Porong , Sidoarjo.

Proses pemindahannya berlangsung pada Jumat (21/2/2020) sejak pukul 04.30 WIB. Dengan menggunakan dua bus milik Rutan Medaeng dan Kejaksaan Negeri Surabaya, para WBP dikawal dengan petugas gabungan dari beberapa lapas/ rutan dan aparat kepolisian.

“Alhamdulillah, proses pemindahan berlangsung lancar dan kondusif,” ujar Kadiv Pemasyarakatan Pargiyono yang memimpin langsung proses pemindahan tersebut, Sabtu (22/2/2020).

Pargiyono mengungkapkan, proses pemindahan ini adalah tindak lanjut dari beroperasinya gedung baru Ruperbaya. Sarana dan prasarana yang baru dinyatakan telah siap menerima WBP. “Oleh karena itu saya menginstruksikan untuk segera memindahkan seluruh WBP Perempuan yang semula menempati Blok W Rutan Surabaya ke Rutan Perempuan yang baru di Porong,” ungkap Pargiyono.

Pargiyono menambahkan dengan pindahnya seluruh WBP Rutan Perempuan, blok lama dapat dialihkan untuk menampung WBP Rutan Surabaya. Rutan Surabaya hingga saat ini mengalami over kapasitas hingga 300 persen. “Sedikit memang jumlah blok hunian yang dapat difungsikan, namun ini sangat membantu Rutan Surabaya mengatasi dampak over kapasitas,” tutup Pargiyono. (
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.3328 seconds (0.1#10.140)