Penemuan 3 Peti Mati Ungkap Kutukan Mengerikan Firaun

Minggu, 23 Februari 2020 - 05:27 WIB
Penemuan 3 Peti Mati Ungkap Kutukan Mengerikan Firaun
Peti mati itu, satu dari tiga yang diselidiki oleh Dr. Peter Der Manuelian, direktur Harvard Semitic Museum, milik Ankh-khonsu, portir di sebuah kuil yang didedikasikan untuk dewa Amun-Ra. FOTO/ Daily
A A A
CAIRO - Penemuan peti mati berusia 3.000 tahun lebih mengungkap wajah dewa Matahari Ra-Horakhty yang tersembunyi di bawah lapisan cat di bagian dalam tutupnya.

Dilansir dari Dailystar, Peti mati itu, satu dari tiga yang diselidiki oleh Dr. Peter Der Manuelian, direktur Harvard Semitic Museum, milik Ankh-khonsu, portir di sebuah kuil yang didedikasikan untuk dewa Amun-Ra.

Dua lainnya berisi sisa-sisa Mutiyiy, seorang wanita penyanyi kuil, dan Padimut, seorang pengrajin dan pendeta. Ketiganya tertanggal mengarah ke Dinasti ke-22 Mesir, juga dikenal sebagai Dinasti Bubastite, sekitar 945-712 SM.

Ketiganya telah ditemukan beberapa waktu lalu tetapi diabaikan setelah hanya pemeriksaan sepintas. Secara khusus hampir tidak ada dokumentasi untuk peti mati Ankh-khonsu.

Dr. Der Manuelian menggambarkan pembukaan sarkofagus sebagai “momen yang membuat jantung berdebar”, karena di bagian dalam tutupnya ada gambar tersembunyi di dalamnya.

Di bawah lapisan residu yang tebal, para arkeolog melihat gambar berwarna cerah. Lukisan kuning dan oranye yang hidup dikelilingi oleh hieroglif yang menegaskan bahwa mereka sedang melihat wajah “Ra-Horakhty, Dewa agung, Raja Surga”.

Ra adalah kepala dewa-dewa Mesir, yang diidentifikasi dengan Matahari tengah hari dan penguasa Bumi dan Langit.

Horus adalah Dewa Langit yang lebih rendah yang kadang-kadang bergabung dengan Ra dalam mitologi Mesir untuk membentuk entitas Ra-Horakhty yang kuat.

Kehadiran gambar tersembunyi ini meningkatkan kemungkinan bahwa mungkin ada banyak pesan serupa dari masa lalu yang tersembunyi di dalam penguburan yang sederhana – membawa kita ke pemahaman yang lebih lengkap tentang kehidupan dan kepercayaan orang-orang yang hidup ratusan kali di masa lalu.

Penemuan peti mati kuno atau sarkofagus juga sebelumnya telah memicu rumor berisi jenazah Iskandar Agung, sementara yang lain mengatakan jangan-jangan peti ini berisi kutukan maut.

Setelah dibuka dan dilakukan penelitian, ternyata bukan keduanya. Isi peti mati ini adalah tiga kerangka dan air selokan berwarna merah kecokelatan

Kementerian yang mengurusi benda-bendo kuno di Mesir secara khusus menunjuk tim yang ditugaskan untuk membuka peti mati yang ditemukan di satu daerah konstruksi tersebut.
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.4153 seconds (0.1#10.140)