Covid-19 Penyebarannya Mirip dengan Flu Babi

Minggu, 23 Februari 2020 - 09:59 WIB
Covid-19 Penyebarannya Mirip dengan Flu Babi
ilustrasi
A A A
JAKARTA - Menteri Pembangunan Nasional Singapura, Lawrence Wong mengungkapkan, Covid-19 berbeda dari jenis virus Corona lainnya, yakni Sindrom Pernafasan Akut Parah (SARS). Lawrence menyebut, Covid-19 memiliki lebih banyak kesamaan dengan H1N1 atau yang dikenal dengan nama flu babi.

“Mekanisme transmisi Covid-19 berbeda dari SARS. Bahkan, mekanisme penularannya lebih dekat ke H1N1," kata Lawrence dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Channel News Asia.

Dia menuturkan, para peneliti di Pusat Nasional untuk Penyakit Menular (NCID) telah mengkonfirmasi ini. Para peneliti, jelasnya, menemukan bahwa, seperti influenza, Covid-19 menular ketika gejalanya ringan.

"Karena mekanisme penularan ini, Covid-19, seperti flu, maka virus ini dapat menyebar cukup cepat. Dengan gejala ringan kita terkadang melemahkan kewaspadan dan kita terus melanjutkan meskipun kami tidak merasa sehat, dan begitulah virus itu menular," ungkapnya.

Dia mengatakan itu adalah masalah waktu, sebelum banyak orang di seluruh dunia akan terinfeksi Covid-19. Mengutip penyebaran yang sangat luas dalam pandemi H1N1 pada 2009, Lawrence menuturkan bahwa pihaknya tidak memprediksi bahwa jumlah orang yang tertular Covid-19 akan sebanyak dengan flu babi.

"Kami tidak mengatakan bahwa ini akan terjadi untuk Covid-19. Ini penyakit yang berbeda dari H1N1, sehingga pola penularan dan jumlah orang yang tertular penyakit akan berbeda. Tetapi, karena pola penularannya mirip dengan H1N1, kita harus siap untuk skenario di mana Anda mendapatkan penularan yang lebih luas di seluruh dunia," ujarnya.

Menurut para ahli, H1N1 saat ini merupakan jenis flu yang sering terjadi di Singapura, meskipun ini mungkin berbeda di setiap musim, dan vaksin flu memberikan kekebalan terhadapnya.

Negara-negara di kawasan juga menghadapi situasi yang sama. Di mana, Pusat Pengendalian Penyakit Taiwan mengatakan awal bulan ini bahwa 56 pasien telah meninggal karena kegagalan pernafasan akibat terinfeksi virus H1N1 dalam tiga bulan terakhir.
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8218 seconds (0.1#10.140)