Kiat Jadi Orang Tua Teladan

Minggu, 23 Februari 2020 - 17:49 WIB
Kiat Jadi Orang Tua Teladan
Parenting SD Muhammadiyah 11 Surabaya mencetak penerus bangsa yang berkarakter. Foto/Ist
A A A
SURABAYA - SD Muhammadiyah 11 (MUHLAS) Surabaya bekerja sama dengan Komite mengadakan parenting 2020. Kegiatan akhir pekan yang dihelat di Choice City Hotel Ballroom, BG junction Surabaya tersebut untuk memberikan informasi dan edukasi pada orang tua wali murid.

Terutama bagaimana membentuk generasi millenial dan penerus bangsa yang berkarakter.

Acara yang diikuti 720 tamu undangan dan siswa siswi SD MUHLAS ini menghadirkan narasumber Prof Qomariyatus Sholihah, profesor termuda yang mendapat rekor muri Indonesia dengan tema "Keteladanan orang tua membentuk generasi millenial yang berkarakter" .

Prof Qomariyah menyampaikan bahwa anak terlahir dalam keadaan Fitrah. Sekolah merupakan rumah kedua bagi anak, di mana sekolah adalah tempat yang dipercaya orang tua untuk anaknya belajar dan menuntut ilmu serta mengembangkan potensi yang dimiliki.

"Akan tetapi, untuk mendapatkan hasil pendidikan yang optimal, sekolah memerlukan dukungan dari orang tua," kata dia.

Dia mengatakan, dengan maraknya kasus kemerosotan moral, kasus pornografi dan kasus kenakalan remaja, maka peran orang tua adalah menjadi benteng pertahanan pertama untuk menjaga buah hati mereka dari hal hal negatif tersebut.

"Jangan membentak anak, jangan memukul anak, biasakan kata minta tolong, terima kasih, jangan menjatuhkan mental dan mempermalukan anak di depan umum. Berkata yang baik , positif ,lembut dan tidak mencela adalah salah satu hal kecil yang harus di biasakan untuk mendidik anak," kata dia.

Menurut Qomariyah, peran serta orang tua dan sistem yang baik dari sekolah merupakan dukungan besar untuk mewujudkan anak didik yang berkualitas baik dari sisi pembelajaran maupun perilaku.

"Jadi bukan hanya anak, orang tua juga perlu belajar bagaimana mendidik anak. Karena setiap anak itu hidup pada zaman yang berbeda," kata dia.

Parenting dimeriahkan dengan grand prize. SD MUHLAS memberikan dua liontin emas bagi tamu undangan yang beruntung. Selain itu, Sekolah SD Muhammadiyah 11 Surabaya ini juga memberikan apresiasi kepada ayah bunda yang telah meluangkan waktu untuk mengikuti kegiatan parenting ini dan berperan aktif dalam membantu Tumbuh kembang anak.

Dalam kesempatan yang sama, Humas di SD Muhammadiyah 11 Surabaya, Ustad muriyono, mengatakan ada sejumlah keunggulan yang diperdalam di SD MUHLAS. Di antaranya tahfid juz 30-28, ektra unggulan robotic , futsal dan jurnalistik.

"Sekarang bahkan SD MUHLAS memiliki segudang prestasi diantaranya Prestasi olimpiade matematika tingkat kota hingga internasional pernah di raih pada tahun 2019," kata dia.

SD MUHLAS berdiri di tahun 1968 dan masih satu gedung dengan SMP Muhammadiyah 11. Tahun 2010 ini SD MUHLAS membangun gedung sendiri dan merenovasi sejumlah bangunan, sehingga menjadi gedung paling mewah di antara sekolah Muhammadiyah di Surabaya. Salah satu fasilitasnya yakni mempunyai lift untuk menunjang operasional kegiatan sekolah.
(nth)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.4475 seconds (0.1#10.140)