Sistem FIFO Satpas Polresta Mojokerto, Urus SIM Anak Jenderal Tetap Antre

Senin, 24 Februari 2020 - 12:36 WIB
Sistem FIFO Satpas Polresta Mojokerto, Urus SIM Anak Jenderal Tetap Antre
Kapolresta AKBP Bogiek Sugiyarto (kanan), Kajari Halila Rama Purnama (tengah) dan Kapolres AKBP Feby DP Hutagalung (kiri) saat meninjau ruangan Satpas Satlantas Polresta Mojokerto.Foto/SINDOnews/Tritus Julan.
A A A
MOJOKERTO - Polres Kota (Polresta) Mojokerto meluncurkan sistem pelayanan firts in first out (FIFO). Sistem tersebut guna mengikis budaya kolusi dan percaloan dalam pengurusan surat izin mengemudi (SIM).

Kapolresta Mojokerto AKBP Bogiek Sugiyarto mengungkapkan, sistem FIFO ini merupakan terobosan baru yang dikeluarkan Satlantas Polresta Mojokerto. Dengan sistem ini pemohon SIM yang datang lebih awal, akan lebih dulu mendapatkan pelayanan dari petugas kepolisian.

"Jadi dengan sistem ini, tidak ada lagi yang bisa menyerobot. Yang datang lebih awal ya itu yang akan dilayani terlebih dahulu. Meskipun anak kapolres atau anak jenderal sekalian tidak bisa nyerobot," kata Bogiek saat meresmikan kantor Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) Satlantas Polresta Mojokerto, Senin (24/2/2020).

Sebab, sistem FIFO ini menggunakan metode barcode. Pemohon SIM yang datang akan langsung melakukan registrasi. Selanjutnya, pemohon akan mendapatkan barcode pendaftaran yang bakal digunakan untuk masuk ke ruang pengurusan SIM. Mulai dari ruang administrasi, pengarahan, uji teori, maupun uji praktik.

"Surat pengantar pun tidak akan bisa masuk tanpa barcode. Sistem ini juga untuk mencegah adanya pungli, percaloan serta kolusi. Untuk waktunya juga sangat cepat, cukup 10-15 menit sudah selesai, kalau semua tesnya lulus," imbuh mantan Kapolres Poso, Sulawesi Tengah ini.

Selain itu, lanjut Bogiek, pemohon SIM juga akan dimanjakan dengan beberapa fasilitas yang disediakan di Satpas Satlantas Polresta Mojokerto. Para pemohon SIM kini tak perlu berpanas-panas di bawah terik matahari. Sebab, di lokasi tersebut sudah disiapkan ruang tunggu yang mampu menampung banyak orang.

"Di dalam ruangan kita siapkan AC, jadi ruangannya dingin. Masyarakat tidak perlu panas-panasan lagi. Dengan demikian, kami mengimbau kepada masyarakat untuk tidak menggunakan calon hanya untuk mengurus SIM. Sebab, mengurus sendiri sangat mudah dan nyaman," tandas Kapolres
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9644 seconds (0.1#10.140)