Baru Berusia 17 Hari, Bayi di China Sembuh dari Virus Corona

Selasa, 25 Februari 2020 - 09:38 WIB
Baru Berusia 17 Hari, Bayi di China Sembuh dari Virus Corona
Xiaoxiao, bayi berumur 17 hari di China yang sembuh dari virus Corona baru. Foto/The Women Journal
A A A
BEIJING - Bayi berusia 17 hari yang dinyatakan positif terinfeksi virus Corona baru, Convid-19 saat lahir, kini dinyatakan oleh tim dokter telah berhasil disembuhkan.

Surat kabar yang dikontrol pemerintah China, People's Daily, melaporkan bahwa bayi perempuan itu bernama Xiaoxiao. Dia dilarikan ke unit neonatal di Rumah Sakit Anak-anak Wuhan hanya beberapa jam setelah dilahirkan pada 5 Februari lalu.

Ibunya sudah dinyatakan positif terinfeksi Covid-19 sesaat sebelum persalinan dan menderita infeksi dada yang parah. Si bayi kemudian didiagnosis positif terinfeksi Covid-19 empat hari setelah dilahirkan.

"Zeng Lingkong, direktur kedokteran neonatal di Rumah Sakit Anak-anak Wuhan, mengatakan indeks infeksi Xiaoxiao tidak tinggi, jadi tidak ada antibiotik yang digunakan," tulis People's Daily dalam laporannya yang dikutip Selasa (25/2/2020).

Bayi Xiaoxiao menerima perawatan sepanjang waktu dalam isolasi dan tidak mengalami gejala akut sebagai akibat dari penyakit tersebut. (Baca: UPDATE-Corona Covid-19: 2.699 Meninggal, 80.088 Terinfeksi)

"Hatinya agak lemah, tetapi kami mengobatinya," kata dokter Zeng dari Rumah Sakit Anak-anak Wuhan, kepada media pemerintah tersebut.

"Karena virus Corona yang baru, tidak sepenuhnya jelas bagaimana bayi yang baru lahir dipengaruhi. Kita juga harus sangat berhati-hati ketika memberikan obat antivirus kepada bayi baru lahir."

Dokter itu mengaku mempertimbangkan potensi risiko terburuk yang bisa dialami bayi ketika mengobatinya dari Covid-19. Dokter Zeng akhirnya mengadopsi pendekatan dengan menunggu dan melihat.

"Karena kondisinya tampaknya tidak memburuk secara signifikan, kami tidak meresepkan obat antivirus tertentu," katanya.

"Perawatannya sangat sukses. Dia tidak mengalami kesulitan bernapas, demam atau batuk. Dia tetap stabil selama 16 hari pengobatan dan sekarang dua kali dinyatakan negatif untuk Covid-19," imbuh dia.

Menurut Zeng, Xiaoxiao tidak menunjukkan gejala penyakit dan beberapa radiografi dadanya normal. Dengan kondisi demikian, bayi itu memenuhi kriteria untuk dipulangkan dari rumah sakit.

Maka, 17 hari setelah lahir ke dunia dan dilarikan ke perawatan neonatal rumah sakit, Xiaoxiao diizinkan pulang pada 21 Februari 2020.

Bayi itu adalah pasien termuda di China yang sembuh dari Covid-19. Sedangkan ibunya tetap dikarantina. Xiaoxiao kini berada dalam perawatan orang yang mencintainya.

Lebih dari 77.000 orang di China telah terinfeksi Covid-19 sejak wabah itu muncul akhir Desember 2019. Secara global, ada 2.699 kematian termasuk 2.663 kematian di China.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.7366 seconds (0.1#10.140)