Inggris Kerahkan Jet Tempur, Ada Pesawat Bomber Rusia?

Kamis, 27 Februari 2020 - 10:00 WIB
Inggris Kerahkan Jet Tempur, Ada Pesawat Bomber Rusia?
Pesawat jet tempur Typhoon. Foto/Reuters/Marko Djurica/File Photo
A A A
LONDON - Ada pesawat misterius yang diduga pengebom (bomber) Tu-95 Rusia, terbang di atas wilayah udara Skotlandia, bergerak menuju Shetland Island, Kamis (27/2/2020).

Mendapati laporan tersebut, dua jet tempur Angkatan Udara Kerajaan (RAF) Inggris, langsung dikerahkan untuk melakukan antisipasi. Selain dua jet tempur Typhoon, RAF juga melesatkan sebuah pesawat voyager untuk misi intersepsi atau pencegatan pesawat misterius tersebut jika diperlukan.

Situs web penerbangan, Air Live, melaporkan bahwa pesawat tempur lain dari Norwegia dan Belanda juga telah dikerahkan. RAF mengatakan, pesawat tak dikenal itu diduga milik Rusia. Menurut RAF pencegatan sejauh ini tidak diperlukan.

"RAF Quick Reaction Alert Typhoon (Typhoon Peringatan Reaksi Cepat RAF) telah diluncurkan di RAF Lossiemouth setelah pesawat tak dikenal sedang terlacak menuju wilayah udara Inggris," kata pangkalan RAF Lossiemouth melalui seorang juru bicaranya, seperti dikutip BBC.

"Pesawat-pesawat tak dikenal ini tetap berada di luar bidang yang kami minati dan tidak ada intersepsi yang terjadi.". Juru bicara itu mengatakan layanan tidak dapat mengonfirmasi jumlah atau jenis pesawat tak dikenal yang mendekati wilayah udara Inggris.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.2619 seconds (0.1#10.140)