Berkah Ramadhan, D3 Keperawatan Unusa Terakreditasi A

Senin, 11 Mei 2020 - 20:48 WIB
loading...
Berkah Ramadhan, D3 Keperawatan Unusa Terakreditasi A
Rektor Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa), Achmad Jazidie, bersama civitas akademika Unusa meberikan keterangan pada media, Senin (11/5/2020). Foto/SINDOnews/Ali Masduki
A A A
SURABAYA - Berkah Ramadan menghampiri civitas akademika Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa). Kabar hasil akreditasi dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) untuk Program Studi D-3 Keperawatan Fakultas Keperawatan dan Kebidanan (FKK) telah turun. Hasilnya D-3 Keperawatan terakreditasi A.

Hasil yang diumumkan melalui website lamptkes.org itu bernomor 0149/LAM PT-Kes/Akr/Dip/IV/2020. "Saya bersyukur hasilnya A. Ke depan perolehan akreditasi A ini, diharapkan akan memacu prodi lain untuk memperoleh nilai akreditasi yang sama," kata Kacung Marijan, Wakil Rektor 1 Unusa, Senin (11/5/2020).

Kacung mengatakan, sebelum dilakukan akreditasi eksternal oleh LAM-PT Kes, Unusa terlebih dahulu melakukan audit internal dan SPMI Unusa yang melakukannya.

"Ada tujuh kriteria yang harus dipenuhi, diantaranya Sumber Daya Manusia (SDM), fasiltas kampus seperti laboratorium. Beberapa kriteria ini dalam audit internal oleh SPMI sudah cukup memenuhi untuk dilanjutkan ke audit eksternal," katanya.

Melalui hasil ini, D-3 Keperawatan Unusa menjadi yang pertama memperoleh akreditasi A. "Ke depannya kami harus mempertahankan atau bahkan meningkatkannya lebih baik lagi, sekaligus diharapkan dapat memotivasi prodi lain," imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Rektor Unusa, Achmad Jazidie menegaskan, bahwa hasil reakreditasi Prodi D-3 Keperawatan ini menjadi pelecut dan semangat Prodi lain di Unusa untuk meningkatkan akreditasinya lebih baik lagi.

"Kami bersyukur, karena ini pertama kali prodi yang ada di Unusa terakreditasi dengan nilai A. Ini bukti jika Unusa memiliki kualitas bagus. Kami berharap prodi lainnya akan mengikuti jejak ini untuk memperoleh akreditasi A atau unggul," tuturnya.

Jazidie mengungkapkan, pihaknya berencana setelah minimal tiga atau lebih prodi di Unusa terakreditasi A, akan diikutkan dengan pengajuan reakreditasi institusi yang kini menyandang akreditasi B.

"Tahun 2020-2021 kami merencanakan sedikitnya lima prodi di Unusa memperoleh akreditasi A, lalu dilanjutkan dengan mengajukan reakreditasi institusi," pungkasnya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1181 seconds (0.1#10.140)