5 Tips Peregangan di Pesawat untuk Jamaah Calon Haji agar Tetap Bugar

Senin, 23 Juli 2018 - 17:01 WIB
5 Tips Peregangan di Pesawat untuk Jamaah Calon Haji agar Tetap Bugar
Jamaah calon haji membutuhkan stamina yang bagus. Senam atau peregangan dalam pesawat dianjurkan agar tubuh tetap dalam kondisi prima. Foto/SINDOnews/Ali Masduki
A A A
SURABAYA - Perjalanan jamaah calon haji menuju Tanah Suci dibutuhkan waktu sekitar 8-9 jam dari Indonesia menggunakan pesawat. Tentu dibutuhkan stamina yang prima.
Kementerian Kesehatan menghimbau para jemaah untuk melakukan peregangan di dalam pesawat agar tetap sehat dan bugar selama perjalanan menuju Tanah Suci. Kepala Pusat kesehatan haji Eka Jusuf Singka berharap kegiatan ini dapat dipimpin oleh Tenaga Kesehatan Haji Indonesia Kelompok Terbang (TKHI Kloter).

"Senam dipimpin oleh TKHI Kloter. Bisa juga perorangan. Sebelum memulai senam, posisikan badan dengan duduk bersandar kursi, usahakan punggung tegak. Tahan, sampai hitungan ke delapan atau sekitar 10 detik. Setelah posisi sempurna, lanjutkan ke gerakan berikutnya masing-masing 8 hitungan," kata Eka melalui siaran pers yang diterima SINDOnewsjatim.

Berikut gerakan senam peregangan yang bisa dilakukan para jemaah haji selama di dalam pesawat.

1. Kepala

Tundukkan kepala ke bawah sambil di tekan dengan kedua tangan. Tolehkah kepala ke kanan, sentuhlah tangan kiri di pipi kiri, lalu tekan dorong ke samping kanan.

Lakukan gerakan kebalikan. Rebahkan kepala ke arah kanan, sentuh tangan kanan di kepala bagian kiri, tekan ke arah kanan. Lakukan gerakan kebalikan.

2. Tangan

Luruskan tangan kanan ke arah samping kiri, kemudian tangan kiri menyentuh siku tangan kanan, lalu tekan ke arah dalam. Lakukan gerakan kebalikan. Angkat tangan kanan, silangkan di belakang kepala lalu tangan kiri menyentuh siku tangan kanan dan tarik ke arah kiri. Lakukan gerakan kebalikan.

3. Bahu

Kaitkan kedua tangan lalu dorong ke arah depan. Lanjutkan gerakan ke atas. Lanjutkan gerakan ke samping kanan dan gerakan ke samping kiri.

4. Pinggang

Putar badan ke arah samping kanan dan kedua tangan memegang sandaran tangan. Lakukan gerakan kebalikan.

5. Kaki

Lakukan gerakan mengangkat tumit atau jinjit kemudian turunkan. Lakukan berulang-ulang agar tak mudah kram.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.7869 seconds (0.1#10.140)