Tabung Gas Bocor, Belasan Ribu Ayam Tewas Terpanggang

Jum'at, 19 Oktober 2018 - 19:05 WIB
Tabung Gas Bocor, Belasan Ribu Ayam Tewas Terpanggang
Kebakaran hebat melanda kandang ayam milik Samsul Maarif warga Desa Plosorejo, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar. Foto/Ist.
A A A
BLITAR - 17 ribu ayam tewas terpanggang, akibat kebakaran di peternakan ayam pedaging milik Samsul Maarif warga Desa Plosorejo, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar.

Selain membunuh belasan ribu ayam, api juga menghanguskan satu unit motor Yamaha RX King, sebuah diesel dan 60 buah tabung gas 3 kilogram.

"Alat-alat peternakan juga ikut terbakar habis," ujar Kasubag Humas Polres Blitar Iptu Burhanuddin kepada wartawan, Jumat (19/10/2018).

Dalam musibah ini, Samsul Maarif menderita kerugian material sekitar Rp700 juta. Maarif menduga kebakaran berasal dari tabung gas bocor. Sebelum musibah terjadi, dia mengaku sempat mendengar suara serupa gas bocor.

 Tabung Gas Bocor, Belasan Ribu Ayam Tewas Terpanggang


"Menurut keterangan pemilik (Samsul Maarif) kebakaran diduga berasal tabung gas pemanas ayam yang bocor," terang Burhanuddin.

Saat tiba di kandang, Maarif melihat api sudah melahap bagian tengah kandang. Dalam waktu singkat api menjalar ke seluruh bagian kandang yang terbuat dari kayu dan asbes.

Maarif juga mengaku mendengar ledakan beberapa kali. Dentuman keras di dalam kandang yang terbakar itu, diduga berasal dari tabung gas yang meledak. Karena merasa tidak mampu lagi mengatasi keadaan, Maarif berteriak meminta pertolongan tetangganya.

Bersama warga setempat dan bantuan mobil pemadam kebakaran, si jago merah akhirnya berhasil dipadamkan. "Sekitar dua jam, api akhirnya berhasil dipadamkan," terang Burhanuddin.

Meski kebakaran diduga disebabkan regulator tabung gas yang bocor, petugas kepolisian terus melakukan olah TKP. Atas kejadian ini petugas kepolisian menghimbau warga untuk meningkatkan kewaspadaan. Mengingat kebakaran mudah terjadi di musim kemarau ini.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.6927 seconds (0.1#10.140)