alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

MNC Group Ajak Masyarakat Kampus Bijak Bermedia

Yuswantoro
MNC Group Ajak Masyarakat Kampus Bijak Bermedia
MNC Group menggelar seminar Literasi Media dan Keuangan Zaman Now, di Universitas Brawijaya (UB) Malang, sebagai bagian membangun pemahaman masyarakat. Foto/SINDOnews/Yuswantoro

MALANG - Masyarakat kampus, sebagai masyarakat intelektual, diajak lebih cerdas dalam bermedia, dan memanfaatkan smartphone yang dimiliki agar lebih bermanfaat.

Hal ini, dibahas secara tuntas dalam seminar yang digelar MNC Group di Universitas Brawijaya (UB) Malang, dengan tema "Literasi Zaman Now, untuk Generasi Milenial" Rabu (24/10/2018).

Repoter MNC Media Jatim, Okky Arisandi yang dihadirkan sebagai salah satu narasumber dalam seminar ini mengajak masyarakat untuk memerangi berita bohong. " Kita harus bijak bermedia, dan memanfaatkan smartphone, agar tidak memicu keresahan di masyarakat," tegasnya.
MNC Group Ajak Masyarakat Kampus Bijak Bermedia



Selain itu, alumnus Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UB Malang, tersebut, juga mengajak masyarakat kampus memanfaatkan smartphone yang dimiliki, untuk mendapatkan pemasukan sebagai jurnalis warga.

"Kesempatan untuk menjadi jurnalis warga terbuka luas, memanfaatkan smartphone yang kita miliki. Sehingga bisa mendapatkan pemasukan. Tetapi karya jurnalistiknya harus terverifikasi, dan dapat dipertanggungkawabkan, agar tidak menyebarkan hoax," ujarnya.

Kepala MNC Media Jatim, Ahmad Williyanto mengatakan, literasi media sengaja digelar MNC Group ke berbagai perguruan tinggi di Indonesia, untuk membangun penyadaran tentang pentingnya penyebaran berita yang dapat dipertanggungjawabkan.

"Melaluai kegiatan ini, kami ingin mengajak seluruh masyarakat kampus peduli kepada konten berita yang dapat dipertanggungkawabkan, menolak bernagai bentuk ujaran kebencian, dan menolak berita bohong atau hoax," tegasnya.

Dia juga mengatakan, kegiatan literasi media dan keuangan oleh MNC Group ini, dilaksanakan di sebanyak 29 perguruan tinggi di Indonesia, dengan jumlah peserta lebih dari 10 ribu orang, sebagai salah satu kegiatan menyambut ulang tahun MNC Group pada 2 November mendatang.

Seminar Literasi Media dan Keuangan Jaman Now ini, meliputi dua materi utama. Yakni, materi media yang mengangkat tema dampak positif dan negatif gadget, serta penggunaannya dalam dunia jurnalistik.
MNC Group Ajak Masyarakat Kampus Bijak Bermedia

Selain itu, juga materi tentang keuangan yang disampaikan Manager MNC Bank Surabaya, Carolina Handayani. Yakni, literasi tentang mengatur keuangan pribadi, pentingnya menabung dan investasi saham, serta program menabung uang dan saham

Sementara, Rektor UB Malang, Nuhfil Hanani mengatakan, acara literasi media ini sangat penting bagi masyarakat di perguruan tinggi, sebagai referensi untuk memahami media secara baik.

"Melalui referensi dan literasi yang baik, kita bisa menjadikan media lebih bertanggungjawab. Tidak menebar berita bohong, serta tidak membuat berita yang memecah belah persatuan masyarakat Indonesia. Kita wajib menjaga Indonesia, tetap bersatu dalam damai," tegasnya.



(vhs)

loading...