Tes Kompetensi Dasar CPNS Dimulai Hari Ini

Jum'at, 26 Oktober 2018 - 09:15 WIB
Tes Kompetensi Dasar CPNS Dimulai Hari Ini
Tes Kompetensi CPNS dimulai 26 Oktober hingga 17 November 2018. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Mulai hari ini, Jumat, 26 Oktober hingga 17 November 2018 digelar Seleksi kompetensi dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS) di beberapa tempat.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Syafruddin me ngatakan bahwa semua persiapan sudah dilakukan. Diharapkan para peserta bisa melaksa nakan dengan baik.“Persiapkan dengan baik. berdoa agar lulus,” ujar mantan wakil kepala Polri ini.

Dia juga menegaskan bahwa tak ada yang bisa membantu kelulusan kecuali kemampuan para peserta. Seleksi CPNS dilaksanakan secara objektif, transparan, dan adil, maka tidak ada oknum yang bisa meloloskan peserta tanpa melalui tes. Syafruddin meminta peserta tidak memercayai jika adanya oknum yang menjanjikan kelulusan tanpa tes.

“Semua sudah menggunakan komputer yang hasilnya real time, bisa dilihat saat tes ter sebut berlangsung. Omong kosong jika ada oknum yang menjanjikan peserta dapat menjadi CPNS tanpa tes,” tolaknya.

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan mengaku tidak tahu secara pasti berapa ins tan si dan peserta yang akan melaksanakan SKD. Hal ini di atur di masing-masing instansi.

“BKN hanya memberikan range waktu tes dari tanggal 26 Oktober sampai 17 November 2018. Instansi yang menentukan berapa yang tes. Makanya ka mi imbau peserta untuk memantau ke situs resmi masing-masing instansi yang lebih update,” harap nya.

Namun, titik lokasi tes CPNS di provinsi akan di gunakan kementerian/lembaga terlebih dulu. Untuk hari ini, instansi pusat yang siap melaksanakan tes antara lain Kemen kumham, Kemenko Maritim, dan Mensesneg.

“Kalau yang mandiri itu jadi tanggung jawab kantor regional dan pemda. Misalnya Kabupaten Sumenep itu kan khusus orang Sumenep saja. Itu bisa cari range waktu sendiri dari yang sudah ditetapkan. Saya pikir mereka yang mendiri akan belakangan,” paparnya.

Terkait persiapan teknis Ridwan yakin sudah lebih baik dibandingkan tahun lalu. Baik secara fisik, sarana prasarana, ataupun sistem. “Berdasarkan evaluasi tahun lalu dari sisi fisik sudah bagus. Mudah-mudahan tak ada kendala. Sudah ada beberapa perbaikan juga dari sistemnya,” katanya.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1277 seconds (0.1#10.140)