Hercules Skadron 32 ke China, Ambil Alat Penanganan Corona

Sabtu, 21 Maret 2020 - 09:49 WIB
Hercules Skadron 32 ke China, Ambil Alat Penanganan Corona
Danlanud Abdurachman Saleh Malang, Marsma TNI Hesly Paat melepas keberangkatan pesawat angkut berat C-130 Hercules dari Skadron 32, menuju China. Foto/Dok.Penerangan Lanud Abdulrachman Saleh
A A A
MALANG - Misi kemanusiaan dijalankan Skadron Udara 32 Lanud Abdulrachman Saleh Malang, dengan mengirimkan satu pesawat angkut berat C-130 Hercules ke Shanghai, China.

(Baca juga: Pulang, F-16 Fighting Falcon Disambut Semprotan Disinfektan )

Pesawat dengan nomor A1333 tersebut, keberangkatannya dilepas oleh Danlanud Abdulrachman Saleh Malang, Marsma TNI Hesly Paat, Sabtu (21/3/2020) pagi. Ada 18 kru pesawat yang diberangkatkan, dipimpin langsung Komandan Skadron Udara 32, Letkol Pnb. Suryo Anggoro.

Menurut Kepala Dinas Operasi (Kadisops) Lanud Abdulrachman Saleh Malang, Kolonel Pnb. Erwin Sugiandi, pesawat C-130 Hercules ini sedang menjalankan misi operasi non perang, yakni mengambil peralatan kesehatan dari China, untuk penanganan wabah Corona.

"Ada 18 kru pesawat yang diberangkatkan, ditambah dari Mabes TNI AU, dan Kementrian Pertahanan (Kemenhan). Ini misi kemanusiaan, kita doakan perjalannya lancar hingga kembali ke Indonesia, membawa peralatan kesehatan untuk penanganan wabah Corona," tuturnya kepada SINDOnews.com, Sabtu (21/3/2020).

Pesawat tersebut akan menempuh perjalanan selama 17 jam hingga kembali ke Indonesia. Dijadwalkan, pesawat akan tiba di Lanud Raden Sadjad Natuna, pada Minggu (22/3/2020) pagi.

Sebelumnya, dari siaran pers tertulis, Karo Humas Kemenhan, Brigjen TNI Totok Sugiharto menjelaskan, bahwa Menteri Pertahanan sudah mengirimkan surat kepada Panglima TNI untuk memberikan dukungan pesawat terbang dalam rangka pengambilan akat kesehatan yang berada di Shanghai.

"Alat-alat kesehatan yang diambil di Shanghai, berupa Disposable Masks, n95 Masks, Protective Clothing, googles, gloves, shoe covers, infrared thermometer dan surgical caps. Alat kesehatan tersebut nantinya akan digunakan oleh tim medis Kemhan dan TNI untuk membantu Gugus Tugas Covid 19 dan para dokter dalam rangka pencegahan dan penanggulangan penyebaran Covid-19," terangnya.

Dia juga menjelaskan bahwa pertimbangan menggunakan pesawat militer dalam hal ini, adalah mengingat situasi saat ini yang perlu penanganan yang cepat dengan pertimbangan kesalamatan rakyat Indonesia.

Selain itu penggunaan pesawat militer yang berarti hubungan G to G akan mempermudah proses. Totok kembali menegaskan bahwa ini adalah misi kemanusiaan yang dituntut untuk tindakan yang cepat.

View this post on Instagram

#Danlanud Abd Saleh Antar Satu Hercules ke Shanghai Ambil Alat Kesehatan# Danlanud Abd Saleh, Malang Marsma TNI Hesly Paat bersama pejabat Lanud Abd Saleh mengantar keberangkatan pesawat C-130 Hercules ke Shanghai Cina di taxi way Skadron Udara 32, Sabtu (21/3).

A post shared by Abd Saleh (@lanudabdsaleh) on

(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.6150 seconds (0.1#10.140)