Warga Tambak Segaran Gotong-Royong Cegah Penyebaran Covid-19

Sabtu, 28 Maret 2020 - 15:00 WIB
Warga Tambak Segaran Gotong-Royong Cegah Penyebaran  Covid-19
Warga melakukan penyemprotan disinfektan dan membuat wastafel. Foto/Ist
A A A
SURABAYA - Melawan pandemi virus corona atau Covid-19 tidak bisa hanya dilakukan oleh pemerintah saja. Namun peran serta masyarakat sangat dibutuhkan supaya wabah mematikan ini segera hengkang dari bumi pertiwi.

Seperti yang dilakukan oleh warga Tambak Segaran Gang V Surabaya ini. Untuk mencegah pandemi corona (covid-19), bersama Pemerintah Kota Surabaya mereka gotong-royong melakukan penyemprotan desinfektan hingga pembuatan wastafel portabel dan hand sanitizer. Diinisiasi oleh kader Posyandu wilayah perkampungan, warga membuat wastafel portable secara swadaya.

Salah satu kader Posyandu Tambaksegaran, Ramiasih Yunita, mengatakan gerakan pencegahan ini atas inisiatif atas persoalan pandemi covid-19. Ada sekitar dua wastafel portable yang diletakkan di pintu masuk kampung, dan ditengah pemukiman warga.

"Kondisi ini tidak harus membuat panik. Melainkan kita berupaya bagaimana warga di perkampungan bisa bergerak bersama-sama melawan," kata Ramiasih.

Selain wastafel portabel, lanjutnya, emak-emak kader lingkungan dan Posyandu juga membuat paket antivirus. Diantaranya, sabun kebersihan, hingga hand sanitizer. "Karena dana terbatas seadanya kami bagikan untuk warga sekitar secara gratis," ungkap wanita yang akrab disapa Remi ini.

Inspirasi gerakan gotong-royong ini dilakukan setelah menerima perintah Wakil Walikota Surabaya Whisnu Sakti Buana, untuk melawan dengan gotong-royong dan terencana.

"Negara sudah hadir. Pemkot sudah bergerak. Tapi berapa yang harus dicover. Jadi tanpa menunggu kami juga bergerak dengan terencana dan tidak panik," ungkap dia.

Remi berharap perhatian Pemkot Surabaya juga mendukung langkah yang dilakukannya bersama warga."Kalau ada rejeki lagi kami akan merambah kampung-kampung sekitar. Wani lawan corona," pungkasnya.
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8969 seconds (0.1#10.140)