Cegah Corona, Crunchaus Berkomitnen Tingkatkan Kebersihan

Minggu, 29 Maret 2020 - 17:20 WIB
Cegah Corona, Crunchaus Berkomitnen Tingkatkan Kebersihan
Salah satu mitra GrabFood di Surabaya, Crunchaus melayani pemesanan makanan dan minuman sehat. Foto/Ist.
A A A
SURABAYA - Budi Haryono (37) adalah salah satu mitra merchant GrabFood yang sama-sama berjuang untuk melawan pandemi Covid-19 di Indonesia. Melalui gerai makanan sehat Crunchaus miliknya di Surabaya, Budi menerapkan berbagai prosedur pencegahan untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan pelanggan serta para karyawan.

Kondisi pandemi yang sedang terjadi memang tidak bisa diabaikan. Bagi Budi, ia harus tetap melayani kebutuhan pelanggan. Meski penjualan menurun, kondisi tersebut tak membuatnya patah arang. Apapun yang terjadi, prioritasnya adalah meningkatkan upaya pencegahan agar semua pelanggan, karyawan dan mitra pengemudi aman.

Crunchaus sendiri merupakan usaha yang didirikan Budi sejak 2017 lalu. Idenya bermula dari kesukaannya terhadap makanan sehat, terutama yang dimasak tanpa minyak. Kesukaan itu kemudian diadaptasinya menjadi sebuah restoran dengan menu yang mengutamakan keseimbangan nutrisi.

Karena merupakan restoran dengan konsep makanan sehat, Budi sudah sejak awal menerapkan standar kesehatan yang ketat pada para karyawannya, yakni dalam proses menyiapkan menu pesanan. Semua karyawan harus mencuci tangan dan menggunakan sarung tangan sebelum memproses pesanan pelanggan. Namun sekarang, seiring dengan pandemi yang terjadi, prosedur itu dibuat jauh lebih ketat.

"Kita mulai menerapkan temperature check kepada kru Crunchaus dan meningkatkan frekuensi cuci tangan mereka juga. Kemudian mereka juga memakai sarung tangan," jelasnya.

Pengukuran suhu tubuh tersebut bukan hanya diterapkan pada para kru. Mitra pengantaran GrabFood yang akan mengambil pesanan makanannya pun harus terlebih dahulu diukur suhu tubuhnya sebelum masuk ke dalam gerainya. Ini untuk memastikan mitra pengantaran dalam kondisi kesehatan yang baik, sehingga mencegah potensi penyebaran virus.

Sedangkan untuk pengunjung yang ingin datang dan masih ingin makan di tempat, Budi menerapkan social distancing dengan cara mempersilakan mereka memesan terlebih dahulu melalui WhatsApp. Hal ini untuk memudahkan kru mempersiapkan pesanan dan membuat mereka tidak perlu mengantri.

"Pelanggan bisa order dulu menggunakan WhatsApp, ini tujuannya untuk meminimalkan waiting time, sehingga mengurangi antrean dan menjaga jarak aman sosial," terang Budi.

Cegah Corona, Crunchaus Berkomitnen Tingkatkan Kebersihan


Budi hanyalah satu dari banyak merchant GrabFood di Surabaya yang dengan penuh semangat turut melawan pandemi Covid-19. Dia menerapkan prosedur yang ketat itu di seluruh gerai Crunchaus miliknya. Adapun saat ini di Surabaya, Budi memiliki total 10 gerai yang tersebar di berbagai lokasi dan 3 gerai lain berada di Jakarta.

Grab, sebagai perusahaan aplikasi serba bisa terkemuka di Asia Tenggara, juga memiliki berbagai inisiatif guna mendukung upaya mitra merchant melawan pandemi Covid-19 di Surabaya, yakni dengan menerapkan standar keamanan terpadu untuk layanan pesan-antar makanan, mulai pekan ini.

Adapun standar yang dimaksud antara lain menyematkan Kartu Keterangan Pengiriman GrabFood yang berisi catatan tanggal, waktu, nama dan suhu tubuh karyawan yang menyiapkan makanan dan pemeriksaan suhu tubuh pelanggan, karyawan serta mitra pengantaran secara rutin.

Jika salah satu mitra pengantaran menunjukkan gejala seperti suhu tubuh tinggi, demam, pilek, atau batuk, mitra merchant dapat melaporkan kepada tim layanan pelanggan Grab dan meminta mitra pengantaran lain untuk menggantikan. Selain itu, mitra merchant juga diminta untuk menerapkan jaga jarak setidaknya 2 meter pada saat terjadi antrean.

Mitra juga diwajibkan melakukan prosedur pembersihan area dapur dan semua benda yang sering disentuh, setidaknya setiap empat jam. Sementara itu para kru atau pegawai mitra merchant diwajibkan mamakai masker, sarung tangan, dan tutup kepala.

Grab sebelumnya telah memulai gerakan #KitaVSCorona yang diluncurkan di berbagai wilayah di Indonesia, termasuk di Surabaya. Melalui gerakan #KitaVSCorona, Grab telah membagikan ribuan masker, hand sanitizer, dan menyemprotkan desinfektan pada kendaraan mitra pengemudi GrabBike serta GrabCar, juga seluruh mitra pengantaran GrabFood serta GrabExpress.

Grab juga melakukan edukasi mengenai gaya hidup sehat dan pencegahan penyebaran COVID-19 melalui fitur GrabHealth. Sedangkan khusus untuk pengantaran GrabFood dan GrabExpress, telah diterapkan fitur pemesanan tanpa kontak sebagai langkah perlindungan bagi pelanggan sekaligus mitra.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0967 seconds (0.1#10.140)