Warga Gading Kirana Sidoarjo Gotong Royong Cegah Penyebaran Covid-19

Minggu, 29 Maret 2020 - 19:23 WIB
Warga Gading Kirana Sidoarjo Gotong Royong Cegah Penyebaran Covid-19
Warga Perumahan Gading Kirana Estate, Buduran, Sidoarjo, gotong royong melakukan penyemprotan disinfektan untuk menangkal penyebaran virus corona.
A A A
SIDOARJO - Partisipasi aktif masyarakat melakukan penyemprotan disinfektan secara mandiri sangat dibutuhkan untuk menangkal penyebaran virus Corona (Covid-19). Ini ditunjukkan warga Perumahan Gading Kirana Estate, Buduran, Sidoarjo, yang gotong royong melakukan penyemprotan.

Di bawah koordinasi ketua dan pengurus RT 034 RW 01, warga secara mandiri menyemprot cairan anti bakteri dan virus ke seluruh wilayah perumahan. Di antaranya jalan utama, fasilitas umum, pagar rumah dan pintu masuk perumahan.

"Ini tanggung jawab bersama. Bukan hanya pengurus tapi juga warga secara keseluruhan. Yang kita hadapi ini adalah virus yang tidak bisa dilihat dengan kasat mata," ujar Ketua RT 034 Hendro Bintoro, Minggu (29/3/2020).

Menurutnya, gotong royong warga ini dilakukan minimal empat kali agar efektif. Dimulai Rabu 25 Maret 2020 kemarin, dilanjutkan Minggu (29/3/2020) hari ini dan dua kali lagi minggu depan. "Alhamdulillah kesadaran warga di sini cukup baik," tambah Hendro.

Hendro mengaku ada 300 rumah warga yang rumahnya disemprot secara bergantian mulai pagi hingga sore dilakukan sendiri oleh pemiliknya. “Alhamdulillah, semua warga mendukung dan ikut membantu. Tapi tetap bergantian dan tidak boleh bergerombol. Kita terapkan physical distancing,” tukasnya.

Dia juga mengimbau warga untuk tidak mudah percaya kabar bohong yang banyak beredar melalui media sosial. Warga juga diminta melakukan langkah pencegahan dengan rajin mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir. Selain itu di setiap rumah diharapkan ada hand sanitizer. "Kurangi keluar rumah jika tidak ada kepentingan yang tak bisa ditunda," imbaunya.

Salah satu warga, Tedy mengapresiasi langkah pengurus RT untuk melakukan penyemprotan mandiri. Dia mengaku langkah secara mandiri ini memang harus dilakukan semua warga.

“Kalau misalnya RT setempat tidak memfasilitasi, minimal rumahnya disemprot sendiri. Dan di Gading Kirana ini difasilitasi RT, kita selaku warga sangat berterima kasih,” tandasnya.
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.8235 seconds (0.1#10.140)