Warga Perumahan di Surabaya Bentuk Satgas Pencegahan Corona

Minggu, 29 Maret 2020 - 18:54 WIB
Warga Perumahan di Surabaya Bentuk Satgas Pencegahan Corona
Penyemprotan disinfektan di Perumahan Wisata Semanggi Mangrove, Surabaya. Foto/Ist
A A A
SURABAYA - Gerakan lawan dan cegah virus corona (covid-19), terus dilakukan oleh warga Surabaya. Kali ini, tidak hanya dilakukan di perkampungan seperti sebelumnya. Warga perumahan bertaraf menengah ke atas pun turut ambil bagian dalam gerakan lawan virus corona.

Seperti di Perumahan Wisata Semanggi Mangrove dan Green Semanggi Mangrove, Kelurahan Wonorejo, Kecamatan Rungkut. Kawasan perumahan yang berada diujung timur Surabaya ini membentuk Satgas Covid-19.

Minggu pagi tadi (29/3/2020), seluruh warga bergerak serentak. Melakukan penyemprotan lingkungan maupun rumah ke rumah dengan disinfektan.

Penyemprotan dilakukan dengan dua cara. Yakni didalam rumah warga dengan menggunakan spray gendong berukuran 15 liter, dan dibawa menggunakan ukuran besar yang dibawa kendaraan pick-up.

Selain itu, Satgas covid-19 juga membentuk pos jaga di akses pintu masuk kedalam kawasan hunian. Bagi warga maupun orang luar yang hendak masuk dilakukan pemeriksaan suhu tubuh dengan menggunakan thermometergun.

Menurut Juru Bicara Satgas covid-19, Hendri Eko Prasetyo pemeriksaan suhu tubuh di pos tersebut untuk mengidentifikasi warga maupun orang luar. "Ketika suhu tubuhnya diatas 38 derajat celcius maka akan dilakukan sosialisasi. Sedangkan untuk warga disarankan Work From Home (WFH)," kata dia.

Dia mengatakan, gerakan ini merupakan gotong-royong dan swadaya warga perumahan dengan dibantu pihak developer. Langkah pencegahan juga berasal dari inisiatif warga sendiri.

Pria yang berprofesi sebagai dokter hewan ini juga menyatakan, pencegahan dan pembentukan satgas tidak harus menunggu dari Pemkot Surabaya. Tapi bagaimana caranya warga berperan aktif di lingkungannya dengan bergotong-royong.

Menanggapi hal ini, Pemkot Surabaya terlebih himbauan Wakil Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana yang meminta penanganan agar tidak panik namun terencana. Hal ini menjadi alasan warga untuk bergerak bersama dalam upaya menangani virus ini.

"Salah satunya seperti itu, kita lihat Bu Risma dan imbauan Pak Whisnu juga menjadi point bagi kami untuk perhatian dengan lingkungan kami," jelas Hendri.

Satgas covid-19 bentukan warga di bagian timur Surabaya ini akan bertugas setiap hari dengan pembagian jadwal dan rencana kerja yang sudah disepakati bersama sebagai langkah kongkret dari membantu pemerintah dalam penanganan virus corona.
(nth)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.3935 seconds (0.1#10.140)