Kolaborasi Aisyiyah Bagikan Minuman Penangkal Virus Corona

Minggu, 29 Maret 2020 - 19:50 WIB
Kolaborasi Aisyiyah Bagikan Minuman Penangkal Virus Corona
Para pengurus Aisyiyah membuat minuman dari bahan empon-empon untuk menjaga imunitas warga Surabaya. Foto/SINDOnews/Aan Haryono
A A A
SURABAYA - Organisasi masyarakat ikut berperan aktif dalam menangkal sebaran virus Corona. Selain memberikan seruan untuk beraktivitas di rumah, mereka juga membantu menyebarkan minuman pencegah Covid-19.

Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Surabaya mulai membagikan dan mengolah empon-empon pemberian Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini kepada warga Kota Pahlawan. Hasil olahan empon-empon berupa minuman yang dikemas dalam botol. Selanjutnya dibagikan ke masyarakat sekitar.

Ketua PDA Kota Surabaya, Alifah Hikmawati, mengatakan, Aisyiyah mencoba membantu dalam menyebarkan minuman sehat yang dipercaya sebagai penguat imun dalam tubuh.

“Untuk menghindari kerumunan, sebagian empon-empon tersebut dibagikan ke seluruh cabang Aisyiyah se-Surabaya. Empon-empon itu kemudian diolah sendiri dan dibagikan ke masyarakat sekitarnya,” kata Alifah, Minggu (29/3/2020).

Dia mengatakan, gerakan mengolah minuman sehat dari empon-empon diharapkan dapat mengedukasi masyarakat untuk bisa mengolahnya sendiri. Mereka nantinya dibekali cara mengolah serta menjadikannya sebagai minuman tradisional yang sehat bagi tubuh.

"Jadi dalam kondisi seperti ini, kita tetap tidak boleh panik. Namun tetap ikhtiar dan waspada. Mengolah minuman sehat ini juga bagian dari ikhtiar kita menjaga imunitas tubuh," kata dia.

Seperti di cabang Wonokromo, empon-empon berhasil diolah hingga 100 botol minuman. "Alhamdulillah, minuman olahan empon-empon langsung ludes hanya beberapa menit saja. Dalam pembagiannya, kita juga tetap menerapkan social distancing," kata Ketua PCA Wonokromo Luluk Humaedah.

Selain membagikan minuman olahan empon-empon, PDA bersama Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Surabaya juga melakukan penyemprotan disinfektan ke sejumlah amal usaha dan masjid. Serta pembagian hand sanitizer ke masjid, mushola dan dapur umum.
(nth)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2537 seconds (0.1#10.140)