Janin Bisa Tertular Virus Corona dari Ibu yang Mengandungnya?

Senin, 30 Maret 2020 - 11:18 WIB
Janin Bisa Tertular Virus Corona dari Ibu yang Mengandungnya?
Tiga studi baru mengungkap tentang virus Corona terkait dengan janin dalam rahim. Foto/Ist.
A A A
JAKARTA - Tiga studi baru mengungkap tentang virus Corona baru, Covid-19, terkait dengan janin dalam rahim. Meskipun, sebagian besar bayi yang baru lahir tampaknya tidak terpengaruh oleh virus tersebut.

"Saya tidak melihat ini dan berpikir virus corona harus melintasi plasenta," kata Dr. Carolyn Coyne dari University of Pittsburgh yang mempelajari plasenta sebagai penghalang virus.

Meski demikian, seperti dilansir Times of India, penelitian ini patut mendapat perhatian, karena, kata dia, jika virus dapat menembus penghalang plasenta, hal itu dapat menimbulkan risiko bagi janin pada awal kehamilan, di mana otak janin paling rentan.

Wanita hamil sering lebih rentan terhadap infeksi pernapasan, seperti influenza dan memiliki lebih banyak komplikasi untuk diri mereka sendiri dan bayinya. Tapi, peneliti lainnya, Dr. Christina Chambers, seorang ahli epidemiologi perinatal di University of California di San Diego, masih belum bisa memaparkan, apakah wanita hamil lebih mungkin untuk tertular virus corona.

"Kami sama sekali tidak memiliki pengetahuan tentang itu - itu adalah pertanyaan terbuka yang lengkap pada saat ini," terangnya.

Dia juga belum bisa mengungkap efek virus corona pada janin. Dijelaskannya, plasenta biasanya menghalangi virus dan bakteri berbahaya dari mencapai janin. Dan itu memungkinkan antibodi bermanfaat dari ibu yang dapat menjaga janin aman dari kuman apa pun, sebelum dan sesudah kelahiran.

Meski begitu, beberapa virus bisa sampai ke janin dan dapat mendatangkan malapetaka. Contoh terbaru adalah Zika, yang dapat menyebabkan mikrosefali dan kerusakan neurologis yang mendalam, terutama jika dikontrak pada trimester pertama dan kedua.

Sebuah penelitian terhadap sembilan bayi di Wuhan, China, yang diterbitkan pada Maret di The Lancet, juga menyimpulkan bahwa virus corona tidak berpindah dari ibu ke janin. Tetapi, dalam dua penelitian baru yang diterbitkan di JAMA, dokter menemukan antibodi pada bayi baru lahir yang mengenali virus, menunjukkan bahwa antibodi tersebut sampai ke janin.

Kedua studi menemukan tingginya tingkat antibodi pada bayi yang disebut immunoglobulin G, yang diketahui diangkut dari ibu ke janin melalui plasenta. Tetapi pada tiga bayi, studi tersebut juga menemukan bukti jenis antibodi lain, yang disebut immunoglobulin M, yang mengenali virus corona. Antibodi ini terlalu besar untuk bergerak melintasi plasenta.

Dalam salah satu studi, para peneliti menemukan kadar IgM yang tinggi pada bayi dua jam setelah kelahiran. Kadar IgM meningkat selama beberapa hari sehingga temuan ini berpendapat bahwa bayi yang baru lahir terpapar virus selama persalinan.

"Virus ini berpotensi melintasi penghalang plasenta, mungkin itulah yang kami lihat," kata Coyne.

Kelemahan utama dari studi ini, katanya, para peneliti tidak menguji plasenta, darah tali pusat atau cairan ketuban untuk virus. Usap tenggorokan bayi yang baru lahir tidak terbukti positif untuk materi genetik dari virus.

"Bukti mereka untuk kemungkinan penularan vertikal masih tidak langsung, berdasarkan hanya pada data serologis," kata Dr. Wei Zhang, seorang ahli epidemiologi di Universitas Northwestern yang bekerja pada studi Lancet.

Karena itu, katanya, data dari makalah JAMA "tidak membuktikan" transmisi vertikal.

Sementara, pada studi ketiga yang diterbitkan dalam JAMA Pediatrics, menyarankan kemungkinan penularan vertikal. Dalam studi itu, 3 dari 33 bayi baru lahir yang lahir dari wanita yang terinfeksi virus corona menunjukkan tanda-tanda penyakit ringan. Para dokter mengatakan mereka tidak bisa mengesampingkan transfer virus dari ibu ke janin sebagai sumbernya.

Beberapa jawaban mungkin akan datang dari penelitian yang sedang berlangsung. Chambers mengatakan bahwa dia dan rekan-rekannya telah mulai mendaftarkan wanita hamil dengan dugaan atau konfirmasi kasus infeksi virus corona ke dalam studi yang akan melacak mereka melalui persalinan dan juga mengikuti anak-anak mereka hingga usia 1 tahun. Mereka juga berencana untuk menguji virus dalam ASI.

Proyek serupa juga telah dimulai di Universitas California, San Francisco, Universitas Harvard dan di Rumah Sakit Cedars-Sinai di Los Angeles.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1974 seconds (0.1#10.140)