Wastafel Portabel Cantik Hiasi Perkampungan Medayu Utara Surabaya

Senin, 30 Maret 2020 - 18:38 WIB
Wastafel Portabel Cantik Hiasi Perkampungan Medayu Utara Surabaya
Wastafel portabel hingga disinfektan otomatis dipasang di perkampungan Medayu Utara Surabaya, Senin (30/3/2020). Foto/SINDOnews/Ali Masduki
A A A
SURABAYA - Pandemi virus corona atau Covid-19 rupanya memacu masyarakat menyadari akan pentingnya menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar. Layaknya kembali pada zaman dulu, dimana gentong-gentong berisi air selalu ada disetiap depan rumah warga.

Menurut cerita, sebelum masuk rumah orang dulu mencuci wajah, tangan dan kaki supaya terhindar dari sawan. Nah, kali ini pemandangan serupa bisa kita jumpai di perkampungan warga, tepatnya di Medayu Utara Surabaya. Deretan Wastafel Portabel cantik berwarna oranye menghiasi setiap depan rumah warga RT 7 RW 12 tersebut.

Wastafel Portabel Cantik Hiasi Perkampungan Medayu Utara Surabaya


Salah satu warga, Yuyun menuturkan, wastafel tersebut merupakan hasil swadaya dari warga. Hal itu sebagai wujud gerakan hidup bersih untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19. "Ini dibuat sawadaya dari warga, supaya hidup bersih dan terhindar dari corona," katanya.

Alhasil, keberadaan wastafel cantik ini efektif untuk menyadarkan warga tentang hidup bersih. Pantauan dilapangan, setiap warga yang akan masuk rumah terlihat mencuci tangan mereka. Anak-anakpun juga mulai terbiasa untuk mencuci tangan setelah bermain dan makan jajan.

Wastafel Portabel Cantik Hiasi Perkampungan Medayu Utara Surabaya


Selain wastafel portabel, di Medokan Ayu XIII, Kelurahan Medokan Ayu, Kecataman Rungkut, Surabaya juga ada gapura penyemprotan disinfektan secara otomatis. Inovasi gapura otomatis tersebut juga hasil swadaya warga sekitar.

Sekretaris RW 14, Johan Eko Prayitno, mengatakan jika gapura penyemprotan disinfektan otomatis tersebut dibuat karena warga dilngkungannya memang sudah mulai sadar tentang protokoler kesehatan dalam pencegahan wabah covid 19.

"Karena petumbuhan virus itu, ditempat lain juga seperti itu, kita tidak ingin warga kita ada yang kena. Masyarakat juga mendukung," tandasnya.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.7838 seconds (0.1#10.140)