Bob Hasan Wafat, Dunia Altletik Tanah Air Berduka

Selasa, 31 Maret 2020 - 14:07 WIB
Bob Hasan Wafat, Dunia Altletik Tanah Air Berduka
Bob Hasan telah berpulang. Ia menjadi satu-satunya tokoh olahraga yang mendedikasikan hidupnya untuk cabang atletik. Foto/Kemendagri
A A A
JAKARTA - Dunia atletik tanah air berduka. Ketua Pengurus Besar Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI), Bob Hasan meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD), Selasa (31/3/2020).

Bob Hasan meninggal dunia sekitar pukul 11.00 WIB, di usia 89 tahun. Belum diketahui penyebab meninggalnya Bob Hasan, namun menurut Sesmenpora Gatot Dewa Broto, meninggalnya Bob Hasan tidak terkait pandemi virus corona.

"Menurut rencana akan dimakamkan di Ungaran, Jawa Tengah. Tidak ada kaitannya dengan Corona," kata Gatot Dewa Broto.

Semasa hidupnya, Bob Hasan juga dikenal sebagai pengusaha sukses di bidang industri kayu. Dia juga pernah menjabat sebagai Menteri Perindustrian dan Perdagangan di era Presiden Soeharto.

Mohammad Hasan alias Bob Hasan punya sumbangsih besar dalam dunia olahraga Tanah Air. Selama empat dekade dia memimpin dunia atletik di Indonesia sebagai ketua PB PASI.

Sebagai orang nomor satu di PASI, Bob Hasan telah makan banyak asam-garam dunia olahraga. Penguasa yang dikenal pernah dekat dengan mantan Presiden Soeharto juga tak segan merogoh kocek pribadinya untuk membiayai keperluan atlet.

Selama empat dekade memimpin PB PASI, Bob Hasan juga sudah menelurkan sejumlah nama-nama atlet besar. Mereka di antaranya adalah Purnomo Muhammad Yudhi, Mardi Lestari, Suryo Agung, Triyaningsih, Maria Londa, dan Lalu Muhammad Zohri.

Nama terakhir, Lalu Zohri, berhasil meraih medali emas di nomor 100 meter pada Kejuaraan Dunia Asia Junior 2018. Zohri juga diproyeksikan tampil di Olimpiade. Sayang, sebelum melihat Zohri tampil di Olimpiade, Bob Hasan sudah lebih dulu dipanggil menghadap Tuhan.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3148 seconds (0.1#10.140)