Dapat Donasi Rp40 M dari Masyarakat, Satgas Covid-19 Janji Transparan

Rabu, 01 April 2020 - 09:28 WIB
Dapat Donasi Rp40 M dari Masyarakat, Satgas Covid-19 Janji Transparan
Juru Bicara Pemerintah Penanganan virus Corona (COVID-19), Achmad Yurianto. Foto: dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Partisipasi masyarakat dalam percepatan penanggulangan wabah virus corona (Covid-19) tinggi. Donasi yang diterima Satgas Percepatan Penanggulangan Covid-19 hingga Kamis (31/3/2020) mencapai Rp40 miliar.

“Sumbangan dari masyarakat saat ini cukup besar yang terkumpul yakni lebih dari 40 miliar,” ungkap Juru Bicara Pemerintah Penanganan virus Corona (COVID-19), Achmad Yurianto dalam Konferensi Pers di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Jakarta, Selasa (31/3/2020).

Yuri memastikan bahwa sumbangan yang terkumpul akan dikelola secara transparan dan digunakan dengan penuh tanggung jawab. Menurutnya publik bisa langsung mengontrol perkembangan besaran donasi dan penggunaanya di website Covid19.go.id dan bnpb.go.id. “Rekening ini atas nama relawan Gugus Tugas. Secara transparan bantuan-bantuan ini akan kami gunakan dengan tepat dan penuh tanggung jawab,” kata dia.

Dokter militer ini pun menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah ikut berpartisipasi menyumbangkan dana untuk penanganan virus ini. Selain itu dia atas nama pemerintah mengucapkan terimakasih kepada seluruh elemen masyarakat yang telah mengikuti anjuran pemerintah. “Kami ucapkan terima kasih kepada para pekerja yang telah patuh menurut anjuran pimpinan kantor masing-masing untuk tetap produktif dengan bekerja dari rumah,” kata dia.

Yuri pun memberikan apresiasi kepada para petugas yang melaksanakan amanat untuk bertugas di luar rumah, termasuk para tenaga medis, aparat keamanan dan para pahlawan jasa transportasi dan jasa kurir. “Baik rekan-rekan sopir ojek online maupun pengemudi angkutan umum merekalah yang mengangkat banner we stay here for you, please stay for us. Kami bekerja di luar untuk Anda, tetaplah di rumah untuk kami,” kata dia.

Sementara itu Anggota Fraksi Partai Golkar Dave Laksono mengingatkan agar distribusi Alat Pelindung Diri (APD) ke daerah dilakukan secara adil dan transparan. Hal ini terkait keluhan sejumlah pihak yang mengeluhkan ke langkaan APD meskipun sudah banyak dikirim dari luar negeri.

“Kita kan lumayan banyak dapat bantuan dari negara sahabat, jumlahnya juga cukup besar sampai ratusan ton, ditambah produksi dalam negeri plus bantuan dari perusahaan-perusahaan swasta yang ikut membantu. Tapi masih banyak keluhan mengenai yang berkaitan dengan kelangkaan APD. Saya kira ini harus adil dan transparan sistem distribusinya,” kata Dave Laksono, Selasa (31/3/2020).

Menurut Dave, jika memang ada kendala teknis di lapangan terkait distribusi APD dan alkes ke daerah-daerah, DPR siap membantu secara maksimal. (Binti Mufarida/Kiswondari)
(nth)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.6736 seconds (0.1#10.140)