10 Etika Batuk dan Bersin di Tengah Wabah Virus Corona

Jum'at, 03 April 2020 - 18:30 WIB
10 Etika Batuk dan Bersin di Tengah Wabah Virus Corona
ilustrasi
A A A
JAKARTA - Penting untuk memastikan bahwa infeksi yang kita miliki tidak menular ke orang lain, baik itu batuk, pilek, influenza (flu sederhana) atau Covid-19.

Ini merupakan tanggung jawab sosial, moral, dan manusia untuk mencegah penularan infeksi saluran pernapasan seperti influenza kepada orang lain. Namun, ada protokol terkait kebersihan yaang harus diikuti ketika batuk, pilek atau demam.

Adapun orang yang sakit pilek atau flu berpotensi menularkan kesusahan kepada orang lain bahkan sebelum gejala seperti sakit tenggorokan dan batuk muncul. Jadi, penting untuk berlatih etika batuk dan bersin setiap saat, bahkan ketika benar-benar sehat.

Ketika seseorang dengan infeksi pernapasan batuk atau bersin, ia melepaskan tetesan pernapasan yang membawa partikel virus yang dapat menyebabkan infeksi jika memasuki saluran pernapasan orang lain.

Orang lain mungkin menghirup tetesan terkontaminasi yang dikeluarkan oleh orang yang terinfeksi batuk dan flu. Di sisi lain, tetesan dapat loncat dan menempel di tangan seseorang atau permukaan keras di mana partikel virus dapat bertahan selama berjam-jam.

Kemudian, setiap kali orang lain menyentuh permukaan yang terkontaminasi ini, partikel virus dapat ditransfer ke tangannya dan dari sana, berpotensi ke saluran pernapasan mereka sehingga menyebabkan infeksi.

Entah itu influenza atau flu atau sesuatu yang berpotensi serius dan mungkin mengancam jiwa seperti COVID-19, pada dasarnya semua infeksi saluran pernapasan dapat mengganggu. Seperti dilansir Times Now News, berikut etika sedrhana batuk dan bersin.

1. Langkah jauh dari orang dan tutup mulut dan hidung saat batuk atau bersin.

2. Jangan membersihkan hidung atau tenggorokan saat berada di hadapan orang lain. Sebab tidak hanya kebiasaan ini tidak higienis, tetapi juga bisa mempengaruhi orang lain.

3. Jika memiliki keinginan untuk batuk atau bersin, lakukan pada lipatan siku atau tisu.

4. Ketika menggunakan tisu, buanglah dengan cara yang tepat.

5. Singkirkan tisu yang digunakan dalam wadah tanpa sentuhan untuk dibuang karena menyentuh wadah, berulang kali tidak disarankan.

6. Cuci tangan atau gunakan hand sanitizer setiap kali menyentuh mulut atau hidung.

7. Kenakan masker N95 atau N99 ketika berada di tempat umum.

8. Jika Anda tahu Anda menderita flu jenis apa pun, disarankan duduk sejauh mungkin dari orang lain.

9. Hindari menyentuh wajah dengan tangan atau bahkan jika baru saja menyeka hidung anak yang sakit. Ketika seseorang menyentuh wajah dengan tangan yang tidak bersih, virus dapat memasuki selaput lendir hidung dan mata sehingga menyebabkan infeksi.

10. Ketika terinfeksi, hindari bepergian. Anda dapat bepergian ketika lebih sehat dan dengan demikian berkontribusi untuk memutus rantai penularan.
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 7.1924 seconds (0.1#10.140)