Waktu Terbaik untuk Berjemur, Sebelum atau Sesudah Jam 10 Pagi?

Sabtu, 04 April 2020 - 10:30 WIB
Waktu Terbaik untuk Berjemur, Sebelum atau Sesudah Jam 10 Pagi?
Berjemur sejenak di pagi hari diyakini dapat menambah kekebalan tubuh yang mampu menangkal virus corona.Foto/dok
A A A
JAKARTA - Waktu berjemur terbaik yang dianggap paling sehat masih menjadi perdebatan. Ada yang meyakini berjemur paling ideal adalah sebelum jam 10 pagi selama 15 menit, dan ada yang berkukuh di jam 10- 14 siang.

Kelompok yang meyakini waktu terbaik untuk berjemur sebelum jam 10 pagi mendasarkan argumennya bahwa pada jam tersebut sinar matahari memiliki kandungan ultraviolet B (UVB) yang baik untuk kesehatan. Sementara, kelompok berjemur jam 10-14 siang meyakini radiasi UVB tinggi didapat pada jam tersebut.

Menyikapi perdebatan itu, dokter spesialis kulit, dr. Yasmina D. Kumala, SpKK mengatakan, aktivitas berjemur memang penting bagi metabolisme vitamin D yang berperan pada imunitas tubuh.

Dokter yang praktek di RS Bunda Margonda Depok menegaskan, tidak ada patokan yang sama persis untuk setiap benua, negara, bahkan kota. Dikatakannya, terdapat UV index yaitu kekuatan radiasi UV di tempat dan waktu tertentu, dan tipe kulit masing-masing orang yang menentukan seberapa lama amannya berjemur. "UV index ini berbeda-beda di setiap tempat dan setiap waktu," kata dr. Yasmina.

Contoh, durasi berjemur yang direkomendasikan di Jakarta dan di Malang akan berbeda, atau sama-sama di Malang di jam 8 pagi dan jam 1 siang juga berbeda. "Semakin siang, semakin tinggi radiasi UV yang tembus ke bumi, sehingga durasi terpapar harus lebih singkat dibandingkan saat pagi," tandasnya.
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0678 seconds (0.1#10.140)