Cegah Corona, Yonkes 2 Kostrad Bagikan Masker di Jalan

Minggu, 05 April 2020 - 11:09 WIB
Cegah Corona, Yonkes 2 Kostrad Bagikan Masker di Jalan
Prajurit Yonkes 2 Divif 2 Kostrad, mengedukasi masyarakat dan membagikan masker untuk mencegah penyebaran virus Corona. Foto/Dok.Penerangan Divif 2 Kostrad
A A A
MALANG - Upaya menekan penyebaran virus Corona baru, Covid-19, terus dilakukan banyak pihak. Salah satunya oleh para prajurit Batalyon Kesehatan (Yonkes) 2 Divif 2 Kostrad.

Para prajurit dari salah satu satuan elit TNI AD tersebut, dengan sukarela turun ke jalan membagikan masker kepada para pengguna jalan, yang melintas di simpang lima Karanglo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Sambil membagikan masker, mereka juga mengedukasi masyarakat.

Danyonkes 2 Divif 2 Kostrad, Letnan Kolonel Ckm. Ayiq Mahmud mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Yonkes 2 Divif 2 Kostrad, terhadap masyarakat Malang Raya, sehingga dapat memutus penyebaran Covid-19, khususnya di wilayah Malang Raya.

Perwira menengan TNI AD yang juga menyandang gelar dokter spesialis Bedah Orthopedi dan Traumatologi ini mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang, tidak panik dengan tetap waspada. "Karena bila kita stres, panik, cemas, imunitas kita juga akan turun, sehingga lebih mudah terserang penyakit," tegasnya.

Dan yang paling penting, menurutnya, melakukan tindakan-tindakan pencegahan terhadap penyebaran virus Covid-19 ini dengan melakukan pola hidup bersih, yakni sering mencuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer, menggunakan masker, olahraga yang cukup, dan konsumsi vitamin agar imunitas tubuh terjaga.

Kegiatan sosialisasi dan pembagian masker tersebut, dipimpin langsung oleh Letda Ckm. Henry Adhy Santoso yang sehari-hari menjabat sebagai Kasi 1/Lidik Yonkes 2 Kostrad.

"Kegiatan ini selain memberikan edukasi kepada masyarakat, juga bertujuan membantu pemerintah guna menekan wabah virus Covid-19 agar tidak semakin menyebar, kami melihat ada kesulitan pada masyarakat untuk mendapatkan masker sehingga kami berinisiatif untuk membagikan masker secara gratis kepada pengguna jalan," ujar perwira muda yang menyandang gelar dokter gigi ini.

"Harapan kami, masyarakat mematuhi imbauan pemerintah tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar, dan apabila terpaksa melakukan aktivitas di luar rumah agar selalu memakai masker karena berguna sebagai pelindung diri serta meminimalisir kontak dengan orang lain," imbuhnya.

Salah seorang pengguna jalan, Ny. Anik (48) mengaku sangat berterimakasih kepada para prajurit Yonkes 2 Divif 2 Kostrad, yang peduli kepada masyarakat dengan memberikan edukasi tentang Covid-19, dan membagikan masker secara gratis di tengah kondisi kelangkaan masker saat ini.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.1377 seconds (0.1#10.140)