Komisi I DPR Apresiasi Kunjungan Parlemen Prancis

Rabu, 31 Oktober 2018 - 19:46 WIB
Komisi I DPR Apresiasi Kunjungan Parlemen Prancis
Anggota Komisi I DPR Effendi Simbolon saat menerima kunjungan delegasi Parlemen Prancis di Jakarta, Rabu (31/10/2018). Foto/Ist.
A A A
JAKARTA - Sejumlah isu muncul dapat pertemuan Komisi I DPR yang diwakili Effendi Simbolon dengan parlemen Prancis di Kompleks Parlemen DPR, Jakarta, Kamis (31/10/2018).

Effendi Simbolon mengatakan, hubungan Parlemen Indonesia dengan Prancis yang selama ini sudah sangat baik dan akan terus ditingkatkan. Nah kehadiran mereka tahun ini sangat baik dan Dewan apresiasi.

Dalam pertemuan membahas sejumlah isu berkembang kedua belah pihak. Mulai dari persoalan perdagangan hingga posisi tegas Prancis terhadap isu Papua merdeka.

"Tentunya pertemuan ini kita membicarakan isu-isu berkembang, dari isu perdagangan, masalah CPO, masalah hubungan people to people, masalah ekonomi dan masalah lingkungan hidup, termasuk tadi sedikit menyinggung posisi Prancis tentang isu Papua," ujar politikus PDI Perjuangan tersebut.

Terkait posisi Prancis pada isu Papua merdeka, sambung Effendi, ditegaskan jika negara tersebut tidak berpihak.

"Terkadang adanya pertemuan informal di wilayah Prancis oleh beberapa oknum dari Papua merdeka, dan mereka (Prancis) secara tegas bahwa mereka bersikap tidak berpihak pada isu itu," paparnya.

Pada isu pertahanan, kata dia, Prancis menyampaikan akan terus berupaya mensosialisasikan berbagai alutsista dari mereka. Dalam kesempatan nanti, kata Effendi, perwakilan DPR akan melakukan kunjungan balasan ke negara yang terletak di Eropa barat itu.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.7014 seconds (0.1#10.140)