UMM Beri Dukungan untuk Kota Malang, Sebagai Kota Wisata Halal

Senin, 12 November 2018 - 17:46 WIB
UMM Beri Dukungan untuk Kota Malang, Sebagai Kota Wisata Halal
Wali Kota Malang, Sutiaji hadir dalam bazar halal di kampus Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Foto/Ist.
A A A
MALANG - Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) bersama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang (Disbudpar) Kota Malang, menggelar bazar halal di Kampus III UMM.

Mahasiswa dan masyarakat umum antusias memilih bermacam produk yang dipamerkan. Acara ini, juga dihadiri langsung oleh Wali Kota Malang, Sutiaji.

Segala produk halal, mulai dari kebutuhan rumah tangga hingga makanan ikut meramaikan bazar yang digelar sehari ini. "UMM sebagai perguruan tinggi, siap mendukung program Kota Malang sebagai Kota Wisata Halal," kata Rektor UMM, Fauzan.

Selain diikuti UMKM yang bersertifikasi halal, bazar ini juga diikuti dosen dan mahasiswa yang memiliki produk dengan brand bersertifikasi halal.

Berkali-kali Wali Kota Malang, Sutiaji memuji beragam produk halal yang diproduksi mahasiswa dan dosen UMM.

Sutiaji sangat mengapresiasi langkah UMM yang telah sejalan dengan visi Kota Wisata Halal. Terlebih, atas diperolehnya UMKM Binaan Halal Center UMM sebagai penampil terbaik dalam pameran Hari Santri Nasional.

Gelaran ini juga dilakukan kerjasama antara Disbudpar Kota Malang, dan Pendampingan Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik (CPPOB), Sertifikasi Halal dan Bimbingan Teknologi Kehalalan.

"Kerjasama ini tak lain karena inisiasi UMM mendirikan Halal Center," terang Sutiaji.

Selain itu, Sutiaji juga menyebut, keseriusan Pemkot Malang dalam mewujudkan wisata halal, salah satunya diwujudkan dengan disiapkannya konsep pasar halal yang rencananya bakal dibangun di Klojen, dalam waktu dekat.

Ketua Halal Center UMM, Elfi Anis Saati menjelaskan, inisiasi Halal Center UMM telah dimulai sejak 2008. Pada 2016 kemudian berganti nama menjadi Halal Center UMM.

Halal Center UMM membantu UMKM lewat mengajukan pengabdian pada Kemenristekdikti. Sejak 2015, Halal Center UMM mengurusi persiapan banyak bidang seperti kosmetik, dan jenis produk lainnya untuk memperoleh sertifikasi halal.

Selain berupa bazar halal, diselenggarakan pula bimbingan teknis (bimtek) bagi para pelaku usaha yang hendak mengajukan sertifikasi halal.

Digelar di Auditorium UMM, Bimtek memberi bimbingan lanjutan bagi para pengusaha yang untuk mendapat sertifikasi halal.

Hadir sebagai pembicara, Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) dan Tim Percepatan Wisata Halal Kementrian Pariwisata RI.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.3164 seconds (0.1#10.140)