Ini Cara Menjaga Kesehatan Mata Buah Hati Saat Belajar Dari Rumah

Minggu, 17 Mei 2020 - 23:20 WIB
loading...
Ini Cara Menjaga Kesehatan Mata Buah Hati Saat Belajar Dari Rumah
Siswa dibantu orangtua saat melaksanakan kegiatan belajar di rumah, di Kota Surabaya. Foto/SINDOnews/Ali Masduki
A A A
SURABAYA - Tetap berada di rumah atau stay at home, menjadi kalimat yang sering terdengar di telinga masyarakat sejak merebaknya wabah COVID-19 . Sekitar dua bulan di rumah, proses pembelajaran yang dilakukan secara daring mengharuskan anak-anak lebih sering menatap layar laptop dan gawai.

(Baca juga: Tidak Jelas Tujuannya, Kendaraan Luar Kota Harus Balik Kanan )

Dokter spesialis mata sekaligus Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Surabaya (Ubaya), Sawitri Boengas, memberikan tips kepada orang tua dalam menjaga kesehatan mata anak selama study from home agar tidak terjadi mata minus dan menyebabkan kehilangan ketajaman penglihatan si buah hati.

Sawitri mengatakan, saat ini akses informasi, bermain, dan belajar lebih banyak dilakukan secara online. Sering kali anak-anak menjadi lupa bahkan tidak ingat waktu jika sudah menggunakan laptop atau gawai selama berada di dalam rumah. Peran orang tua sangat penting selama proses perkembangan dan pertumbuhan seorang anak termasuk dalam menjaga kesehatan mata.

"Sekarang ini terjadi peningkatan angka mata minus atau miopia pada anak-anak. Jika sekitar 10 tahun lalu, yang sering mengalami rabun jauh yaitu anak yang duduk di bangku SMP dan SMA. Saat ini sudah berbeda, anak SD bahkan TK sudah ada yang mengalami mata minus. Mengapa begitu? Eranya sudah berbeda, ketika anak sudah bisa duduk biasanya orang tua zaman now sudah memberikan dan mengenalkan gadget," katanya.

Wakil Dekan II Fakultas Kedokteran Ubaya ini menjelaskan, jika seorang anak memiliki daya akomodasi mata yang lebih besar dan berbeda dengan orang dewasa. Namun, anak dapat mengalami perpanjangan bola mata yang dapat mengakibatkan rabun jauh atau miopia.

Jika bola mata semakin memanjang (lonjong) maka minus yang diderita anak akan semakin tinggi. Selama proses pertumbuhan maka terdapat pertambahan bentuk tulang-tulang mata sehingga bola mata akan semakin besar dan sifatnya lebih elastis. Pada manusia daya akomodasi mata dan elastisitas akan berkurang dan berdampak pada penglihatan seiring bertambahnya usia.

"Anak-anak memiliki daya akomodasi yang besar sehingga tidak lelah jika melakukan ritual penglihatan dengan jarak dekat dengan laptop atau gadget. Berbeda dengan orang dewasa yang daya akomodasinya kecil sehingga mudah lelah pada mata. Jika anak bermain gadget selama satu hari penuh, rata-rata tidak memberikan gejala apa-apa. Namun, gejala akan muncul ketika anak harus melihat jauh dan penglihatan menjadi buram," ucap Sawitri Boengas.

Ini Cara Menjaga Kesehatan Mata Buah Hati Saat Belajar Dari Rumah


Sebenarnya gawai tidak disarankan untuk anak-anak di waktu pertumbuhan bola mata saat usia 10 tahun pertama. Namun, kondisi COVID-19 membuat hal ini menjadi berbeda dan tidak ada pilihan lain untuk menggunakan laptop dan gawai. "Kita perlu menerapkan visual hygiene yaitu cara menggunakan mata yang baik sehingga tidak membuat gangguan penglihatan yang belum ada menjadi ada atau yang sudah ada menjadi lebih buruk," sambungnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1797 seconds (0.1#10.140)