alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

KSAL Diangkat Sebagai Anggota Kehormatan Korps Baret Ungu

Ali Masduki
KSAL Diangkat Sebagai Anggota Kehormatan Korps Baret Ungu
KSAL Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, melakukan inspeksi pasukan dengan kendaraan tempur Tank Marinir, ketika memimpin upacara Peringatan HUT Ke-73 Korps Marinir, di Bumi Marinir Karang Pilang, Surabaya, Kamis (15/11/2018). Foto/SINDONews/Ali Masduki

SURABAYA - Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji resmi diangkat sebagai warga kehormatan Korps Marinir TNI Angkatan Laut. Baret ungu diserahkan langsung oleh Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) Bambang Suswantono, di lapangan Apel Bhumi Marinir Karangpilang, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (15/11/2018).

Tradisi pemasangan baret dan penyematan brevet sebagai warga kehormatan ini berlangsung khidmat di atas kendaraan tempur tank Marinir dan disaksikan oleh seluruh peserta maupun undangan yang bertepatan HUT ke-73 Korps Marinir.
 
Sebagai orang nomor satu di jajaran TNI AL, KSAL mengungkapkan kebanggaannya berada di tengah-tengah para prajurit Korps Marinir yang tangguh, profesional dan telah teruji pengabdian serta kesetiaannya terhadap bangsa dan negara selama 73 tahun.

“Rasa bangga dan hormat atas pengukuhan menjadi warga kehormatan Korps Marinir, memberikan implikasi pada tanggung jawab yang sangat besar bagi saya selaku Kepala Staf Angkatan Laut, untuk senantiasa membina, menjaga citra dan meningkatkan kemampuan tempur serta profesionalisme prajurit di jajaran korps Marinir", ungkapnya saat memimpin upacara peringatan HUT ke 73 Korps Marinir.

Terkait peringatan HUT ke-73 tahun Korps Marinir, KSAL mengatakan bahwa upacara hari ulang tahun Korps Marinir ini, merupakan puncak dari seremonial Korps Marinir untuk menumbuhkembangkan dan memperkuat jiwa korsa. Kebanggaan, kecintaan dan kehormatan bagi prajurit Korps Marinir dalam meningkatkan semangat juang dan pengabdian kepada bangsa dan negara.

Selama kurun waktu 73 tahun pengabdiannya, Korps Marinir selalu berupaya untuk menjadi kekuatan strategis yang dapat diandalkan oleh negara untuk menjaga tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia dan kewibawaan bangsa.

“Hal tersebut dapat kita lihat saat Korps Marinir memberikan kontribusi positif dalam setiap penugasan baik di luar maupun dalam negeri, seperti membantu operasi bencana alam di Lombok dan Palu atau bantuan kepada Basarnas dalam mendukung pencarian korban kecelakaan pesawat Lion Air JT 610, “ terang Kasal.

Di akhir sambutannya, KSAL berpesan kepada prajurit Korps Marinir untuk terus meningkatkan profesionalisme mereka. "Pelihara dan tingkatkan kompetensi, militansi dan naluri tempur, terus berlatih dengan penuh semangat dan terukur, dan yang terpenting jaga nama baik Korps Marinir dan TNI Angkatan Laut yang selama ini sudah tercipta dengan baik. Jangan dirusak dengan hal-hal dan tindakan yang tidak bertanggung jawab", tegasnya.

Upacara dimerihakan dengan sejumlah demonstrasi keahlian yang dimiliki Marinir, seperti kemampuan tembak reaksi, pengamanan pejabat tinggi, tari gandrung, atraksi terjun payung dari prajurit TNI dan Polri dan ditutup dengan parade defile.



(msd)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif