Hasto : Sandiaga Uno Tak Paham Kultur Bangsa Sendiri

Jum'at, 16 November 2018 - 18:49 WIB
Hasto : Sandiaga Uno Tak Paham Kultur Bangsa Sendiri
Hasto : Sandiaga Uno Tak Paham Kultur Bangsa Sendiri
A A A
SURABAYA - Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Hasto Kristiyanto disela konsolidasi di Posko Tim Kampanye Daerah (TKD) Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin di Surabaya didatangi sejumlah warga Nahdlatul Ulama (NU).

Mereka mengeluhkan sikap cawapres Sandiaga Uno yang melangkahi makam salah satu pendiri NU, (alm) KH Bisri Syansuri.

Pertemuan pun digelar secara tertutup. Usai pertemuan, Sekjen PDI Perjuangan itu memahami kegusaran warga NU terhadap tindakan tidak terpuji Sandiaga yang melangkahi makam almarhum KH Bisri Syansuri.

Lebih jauh, Hasto mengatakan, ziarah kubur haruslah dilandasi oleh niatan suci dan penuh rasa hormat. “Apa yang dilakukan Sandiaga mencerminkan dia lebih banyak mengenyam pendidikan Barat, sehingga tidak memahami kepribadian bangsanya sendiri,” kata Hasto, Jum'at (16/11/2018)

Menurutnya, hal itu berbahaya kalau negara dipimpin oleh seorang yang tidak memahami kepribadian bangsanya, dan menjadikan ziarah kubur hanya sebagai pencitraan demi dapat dukungan keluarga Nahdliyin.

“Ziarah dengan motif kekuasaan hanya menghasilkan karma politik. Apa yang dilakukan oleh Sandi telah menyentuh hal yang paling mendasar terkait karakter pemimpin yang seharusnya hormat dengan tradisi keagamaan dan kultur bangsanya. Tidak heran kampanye belum lama berlangsung, mereka sudah tiga kali meminta maaf,” terangnya.

Lebih jauh, Hasto mengingatkan, Jatim adalah pusat penggemblengan anak-anak bangsa dari perpaduan kalangan nasionalis-Islam yang sangat mengerti jiwa dan kepribadian bangsanya.

Sehingga, TKD, mesin parpol dan relawan di Jatim yang merupakan perpaduan jiwa nasionalis-Islam, harus bisa memenangkan Jokowi-Kiai Maruf yang merupakan cerminan dari perwakilan nasionalis dan Islam tersebut.

“Dapur kebangsaan itu (Jatim) menyala-nyala dan tak heran di Kota Surabaya ini semangat kepahlawanan itu muncul, semangat dedication of life itu berkobar demi mempertahankan nusa dan bangsa,” pungkas Hasto.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.5028 seconds (0.1#10.140)