alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Harley-Davidson Siap Produksi Motor Otonom Tanpa Bensin

Wahyu Budi Santoso
Harley-Davidson Siap Produksi Motor Otonom Tanpa Bensin

New York - Tak hanya produsen mobil yang mengembangkan teknologi otonom, namun Harley Davidson motor dengan kapasitas mesin besar dan tampilan fisik yang gagah akan membuat motor listrik dengan teknologi otonom alias tanpa pengemudi.

Dilansir dari ridepart, pabrikan sepeda motor asal negeri Paman Sam ini mengumumkan bahwa mereka akan memasuki pasar sepeda motor listrik pada tahun depan. Adalah LiveWire, nama dari proyek Harley Davidson itu sendiri.

Presiden dan CEO Harley-Davidson Matt Levatich memaparkan bila langkah membuat motor listrik sangat penting bagi kelangsungan bisnis Harley-Davidson.
 
Sebab penjualan Harley-Davidson di 2017 menunjukkan penurunan sebesar 6,5 persen di seluruh dunia. Ini memang bukan masalah Harley-Davidson semata, sebab hambir semua produsen motor berkapasitas besar memang tengah berjuang untuk menarik minat, terutama para pembeli muda yang lebih menginginkan motor dengan teknologi terbaru.



“Pasar motor listrik saat ini masih dalam tahap pertumbuhan, namun kami yakin motor listrik premium Harley-Davidson akan mampu bersaing secara global. Ada kemampuan dan komitmen di segmen motor listrik, bahkan kita semakin bersemangat dengan peran motor listrik yang akan dimainkan dalam pengembangan bisnis kita,” lugasnya.

Rancangan baru motor listrik bikinan HD ini mengambil konsep LiveWire, hasilnya membentuk tunggangan  naked sport bike. Menonjolkan rangka trellis dan suspensi monoshock dengan penopang lengan ayun belakang.

Sedangkan pada lampu depan dan belakang menggunakan LED serta menggunakan instrumen digital konsol sepenuhnya. Pada stang stir menempel kaca spion berbahan alumunium.

Melihat posisi duduk, posisi kaki dan tangan yang menempel pada stang seolah menunggangi seekor kuda. Mirip seperti desain Ducati Diavel.

Jangan harap Anda bisa menikmati ciri khas mesin V-Twin yang garang deru nafasnya. Sebagai penggantinya the powertrain listrik duduk di tempat biasa dari mesin IC dan muncul untuk mentransfer tenaga melalui gigi sistem belt drive.

Pihak HD belum mengungkapkan rincian lebih lanjut. Bila melihat video-nya, HD memberikan efek suara seperti mesin jet, pas dengan tampilannya yang futuristik.

Sebenarnya, ini bukanlah pertama kalinya LiveWire diumumkan sebagai proyek motor listrik dari Harley, di mana pada tahun 2014 mereka sudah menggaunkan isu ini sebelumnya. Sejak saat itu, LiveWire telah mengalami beberapa perubahan desain.
baca juga:

   
Sejak diumumkan untuk pertama kalinya di 2014, LiveWire memang sudah dipersiapkan untuk dirilis dalam beberapa tahun ke depan, dan akhirnya tahun 2019 jadi tahun LiveWire akan siap beraksi di aspal secara luas.



(vhs)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif