Ibas Dukung Penataan Wilayah Pesisir Tanpa Abaikan Hak Masyarakat Lokal

Sabtu, 17 November 2018 - 22:36 WIB
Ibas Dukung Penataan Wilayah Pesisir Tanpa Abaikan Hak Masyarakat Lokal
Ketua Fraksi Partai Demokrat (PD) Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) saat reses berkunjung Pantai Taman, Pacitan, Jawa Timur, Sabtu (17/11/2018).Foto/Ist 
A A A
PACITAN - Ketua Fraksi Partai Demokrat (PD) di DPR, Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) menilai penataan wilayah pesisir pantai di Indonesia teramat diperlukan.

Karena itu hadirnya UU Nomor 1/ 2014 tentang perubahan atas UU Nomor 27/2007 mengenai Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil yang lahir semasa mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memimpin, dipandang sudah tepat. Hal ini disampaikan Ibas kala reses dan berkunjungPantai Taman, Pacitan, Jawa Timur.

"Menjaga kebersihan pantai juga harus tetap dilakukan, mengingatkan pada masa Pak SBY menjadi presiden, ada UU Nomor 1/2014 tentang perubahan atas UU Nomor 27/2007 mengenai Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil," ujar Ibas dalam keterangan tertulis, Sabtu (17/11/2018).

Keberadaan peraturan ini, memastikan adanya kewajiban pembuatan zonasi pada suatu wilayah atau daerah, yang menata perairan dan pesisir sebelum dimanfaatkan. Penataan wilayah pesisir, menurut Ibas sangat diperlukan agar tidak ada lagi pemanfaatan dan kepemilikan pulau maupun kawasan perairan dan pesisir yang mengabaikan prinsip dasar.

"Seperti prinsip dasar hak masyarakat lokal, investasi, perijinan yang mengendalikan, serta upaya konservasi yang memastikan keberlangsungannya," tuturnya.

Lebih lanjut, Ibas memuji usaha Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan memajukan industri pariwisata di wilayah itu. Apalagi tempat wisata seperti Pantai Taman, kini semakin diminati baik oleh turis lokal maupun asing.

"Saya mengapresiasi Pemkab Pacitan dalam hal ini Bupati Pacitan Bapak Indartato yang serius dalam pengembangan industri pariwisata Pacitan. Saya juga bersyukur, pengunjung Pantai Taman semakin bertambah setiap tahun, akan tetapi saya berpesan agar mengingatkan pengunjung untuk menjaga kearifan lokal di sini agar pantai ini terjaga," papar putra bungsu SBY.

Sementara, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Pemerintah Kabupaten Pacitan, Endang Sujasari, mengatakan pihaknya menyambut baik dan mengapresiasi kunjungan Ibas ke Pantai Taman. Dirinya yakin kehadiran Ibas mampu memberi energi baru dalam pengembangan industri pariwisata Pacitan.

"Kami berterima kasih atas kehadiran Mas Ibas ke Pantai Taman. Setiap Mas Ibas berkunjung ke destinasi wisata, tempat itu akan semakin bertambah pengunjungnya. Rupanya Mas Ibas merupakan magnet bagi banyak orang baik itu di Pacitan maupun di luar Pacitan," tandasnya.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 5.9996 seconds (0.1#10.140)