Emil Dardak Ajak Muhammadiyah Sukseskan Nawa Bhakti Satya

Minggu, 18 November 2018 - 17:02 WIB
Emil Dardak Ajak Muhammadiyah Sukseskan Nawa Bhakti Satya
Wakil Gubernur Jatim terpilih Emil Elestianto Dardak, berpidato dalam Milad Muhammadiyah ke-106, di UM Surabaya, Minggu (18/11/2018). Foto/SINDOnews/Ali Masduki
A A A
SURABAYA - Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim) terpilih Emil Elestianto Dardak, mengajak umat Muhammadiyah turut serta menyukseskan program Nawa Bhakti Satya untuk Jatim.

Program Nawa Bhakti Satya tersebut, diusung pria yang akrab disapa Emil tersebut, bersama bersama Khofifah Indar Parawansa, untuk menatap Jatim dalam lima tahun ke depan.

Salah satu isi program itu, yakni jatim cerdas. Di mana pendidikan bukan hanya didefinisikan sekolah negeri tapi juga banyak sekolah-sekolah swasta yang harus diperhatikan oleh pemerintah.

"Tentunya anggaran pemerintah pasti terbatas," ujar Emil usai menyampaikan orasi budaya dalam Milad Muhammadiyah ke-106, di Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya, Jawa Timur, Minggu (18/11/2018).

Emil Dardak Ajak Muhammadiyah Sukseskan Nawa Bhakti Satya


Emil mengatakan, pemerintah Provinsi Jatim akan mempersiapkan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk semua sekolah, baik negeri maupun swasta. Bosda ini untuk meningkatkan kwalitas dan kesejahteraan guru serta bisa mengurangi beban biaya yang dibebankan ke SPP.

"Kalau sudah ketemu pelajar berprestasi tapi kurang mampu, kita berharap sekolah swasta itu bisa memanfaatkan fasilitas bantuan keuangan siswa miskin, plus juga dari SPP itu siswa bisa digratiskan sekolahnya. Tapi kalau negeri gratis-tis," papar Emil.

Rektor UM Surabaya, Sukadiono menjelaskan, Muhammadiyah ingin menunjukkan eksistensinya diumur yang lebih dari setengah abad ini. Eksistensi itu salah satunya dilihat bagaimana Muhammadiyah sukses mengelola amal usahanya. "Makanya Milad ini ditempatkan disalah satu amal usahanya yaitu UM Surabaya," ucapnya.

Ia berharap penyelenggaraan Milad Muhammadiyah ke-106 ini semakin menegaskan peran Muhammadiyah dalam memajukan bangsa.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.8734 seconds (0.1#10.140)