Warga Berjibaku 2,5 Jam Tangkap Ular Piton Ganas Sepanjang 6 Meter

Senin, 19 November 2018 - 13:42 WIB
Warga Berjibaku 2,5 Jam Tangkap Ular Piton Ganas Sepanjang 6 Meter
Masyarakat Desa Pawan, Kecamatan Rambah Samo, Kabupaten Rokan Hulu, (Rohul), Riau menangkap seekor ular piton yang panjangnya mencapai 6 meter. Foto Okezone/Banda HT
A A A
PEKANBARU - Warga dan petugas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Rokan Hulu, (Rohul), Riau harus berjibaku 2,5 jam untuk menangkap ular piton 6 meter.

Persistiwa ini terjadi Desa Pawan, Kecamatan Rambah Samo, Kabupaten Rokan Hulu, (Rohul), Riau. Satwa dilindungi diamankan, karena warga takut hewan ternaknya dimakan.

Saat ini ular piton yang cukup besar tersebut sudah diserahkan warga ke Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA).

"Warga khawatir dengan hewan ternak dimangsa ular piton tersebut, makanya diamankan," kata Kepala BBKSDA Riau, Suharyono Senin (19/11/2018).

Ular tersebut terlihat oleh warga bernama Dawar (40). Piton tersebut melintas di kebun miliknya. Kebun karet miliknya sangat dekat dengan Desa Pawan pada Minggu 18 November 2018 . Melihat ular tersebut, dia melaporkan ke warga lainnya.

Untuk mencegah hal tidak diinginkan, warga juga menyampaikannya ke pihak kepolisian. Kapolsek Rambah Samo AKP Hermawan melakukan koordinasi dengan BBKSDA.

Proses penangkapan piton cukup alot karena ular tersebut melakukan perlawanan. Namun setelah berlangsung selama 2,5 jam, piton berhasil 'dijinakan'. Setelah ular tertangkap, selanjutnya diserahkan ke pihak BBKSDA. "Piton berhasil dievakuasi untuk dibawa ke kandang transit sementara BBKSDA," tandas Suharyono.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.2951 seconds (0.1#10.140)