Buktikan Jago Kreativitas, Barunastra ITS Rebut Desain Terbaik di KKCTBN 2018

Selasa, 20 November 2018 - 12:24 WIB
Buktikan Jago Kreativitas, Barunastra ITS Rebut Desain Terbaik di KKCTBN 2018
Kapal Nala Evo Mark III milik tim barunastra ITS merebut desain terbaik dalam Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) 2018. Foto/SINDOnews/Ist
A A A
SURABAYA - Tim Barunastra Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berhasil merebut desain terbaik dalam Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) 2018.

Kontes yang digelar Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) ini menghantarkan tim Barunastra meraih predikat Best Design pada kategori Autonomous Surface Vehicle (ASV) yang diselenggarakan di Politeknik Negeri Madura.

Ketua Tim Barunastra ITS Steven Caramoy menuturkan, timnya memanfaatkan jatah waktu pada trial bebas di hari pertama sebaik mungkin untuk mengoptimalkan kapal Nala Evo Mark III dalam race pada hari kedua perlombaan.

“Kami berfokus pada adaptasi kapal dalam lintasan, terutama melakukan kalibrasi warna bola yang menjadi lintasan pada race,” kata Amoy, Selasa (20/11/2018).
Buktikan Jago Kreativitas, Barunastra ITS Rebut Desain Terbaik di KKCTBN 2018


Ia melanjutkan, dalam tiga kali kesempatan, hanya satu kali kesempatan di mana kapal Nala Evo Mark III berhasil mencapai finish. “Oleh karena itu, kami terus melakukan perbaikan dalam sistem dan komponen pada kapal,” ungkapnya.

Nala Evo Mark III, katanya, mendapat nomor urut ketujuh saat melakukan race pada kategori Autonomous Surface Vehicle (ASV), di mana race dilakukan sekitar pukul 14.00 waktu setempat. Tak disangka, dalam waktu 15 menit yang diberikan oleh panitia, kapal mengalami kendala teknis yang membutuhkan waktu troubleshooting cukup lama. Sehingga, kapal hanya dapat mencapai dua pertiga lintasan.

“Kami memanfaatkan waktu tersisa untuk mempersiapkan penilaian Desain Terbaik,” jelas mahasiswa asli Banyuwangi ini.

Mahasiswa Departemen Teknik Perkapalan ITS tersebut bersama seluruh tim melakukan persiapan dari malam hingga pagi hari untuk mendapatkan hasil maksimal.

Tak sia-sia, perjuangan Tim Barunastra ITS berbuah hasil manis. Kapal Nala Evo Mark III dinobatkan sebagai kapal dengan Desain Terbaik kategori Autonomous Surface Vehicle (ASV) pada KKCTBN 2018. “Dengan prestasi ini, perjuangan Tim Barunastra ITS tidak berhenti sampai di sini. Kami akan terus melakukan evaluasi dan berbenah untuk mempersiapkan kompetisi berikutnya,” ucap Amoy. aan haryono
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.7945 seconds (0.1#10.140)