Catat! Ini Dia Lima Calon Rektor ITS Terpilih Hasil E-Vote

Jum'at, 23 November 2018 - 05:45 WIB
Catat! Ini Dia Lima Calon Rektor ITS Terpilih Hasil E-Vote
Para bakal calon rektor (bacarek) Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, ketika menunggu hasil e-vote. Foto/SINDOnews/Aan Haryono
A A A
SURABAYA - Pemungutan suara bakal calon rektor (bacarek) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, melalui sistem e-voting berhasil memunculkan lima nama.

Kelimanya, memperoleh jumlah suara tertinggi. Pemilihan rektor secara elektronik ini berhasil memunculkan nama paling populer, dan diharapkan bisa memimpin ITS.

Hasil dari e-voting tersebut, diperoleh lima suara terbanyak yakni Prof Dr Ir Mochammad Ashari sebanyak 25,25 persen, Prof Dr Ir Adi Soeprijanto 12,07 persen, Bambang Pramujati ST 10,99 persen, Dr Eng Muhammad Badrus Zaman 9,32 persen, dan Adjie Pamungkas ST MDev Plg PhD sebesar 7,39 persen.

Ketua panitia Pemilihan Rektor (Pilrek) ITS Surabaya, periode 2019-2014, Prof Dr Darminto menuturkan, lima bacarek suara terbanyak berdasarkan hasil voting ini diambil dari 15 pendaftar bacarek ITS sebelumnya.

Mereka sudah melalui berbagai tahapan, sampai akhirnya dipilih lima teratas untuk maju di tahap selanjutnya.

"Setelah terpilih lima suara terbanyak ini, Majelis Wali Amanat (MWA) akan mengeluarkan surat keterangan terkait lima bacarek tersebut," ujar Darminto, Jumat (23/11/2018).

Catat! Ini Dia Lima Calon Rektor ITS Terpilih Hasil E-Vote


Guru besar Ilmu Fisika ini melanjutkan, kelima bacarek terpilih akan kembali melakukan pemaparan rencana, dan tujuan strategisnya di rapat terbuka Senat Akademik ITS Surabaya, pada 5 Desember.

"Rapat ini juga bisa dihadiri oleh seluruh kalangan yang akan hadir menyaksikan langsung," sambung Darminto yang juga Sekretaris MWA ITS ini.

Darminto juga mnejelaskan, pada 12 Desember nanti akan diadakan rapat tertutup oleh Senat Akademik yang beranggotakan sekitar 70 orang. "Dari rapat tertutup ini akan diseleksi lagi kelima bacarek yang terpilih tadi, menjadi tiga calon rektor," ucapnya.

Setelah itu, katanya, tiga calon rektor (carek) akan didiskusikan pada rapat MWA yang digelar sekitar pertengahan atau akhir Desember mendatang.

"MWA akan menghadirkan seluruh anggotanya termasuk Meristekdikti, Gubernur Jatim, anggota masyarakat, dan alumni ITS," katanya.

Berdasarkan hasil musyawarah MWA nantinya, dari tiga carek tersebut akan ditentukan rektor ITS terpilih untuk periode 2019 – 2024.

"Apabila tidak dicapai hasil musyawarah, maka akan dilakukan voting di antara anggota MWA, termasuk suara Menristekdikti sebesar 35 persen," jelasnya.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2875 seconds (0.1#10.140)