Menlu Ajak Mahasiswa Mendukung Perjuangan Palestina

Sabtu, 24 November 2018 - 17:51 WIB
Menlu Ajak Mahasiswa Mendukung Perjuangan Palestina
Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Lestari Priansari Marsudi ketika menjadi pembicara di Diplomacy Festival di Aula Garuda Mukti Kantor Manajemen Kampus C Unair Surabaya.Foto/Ist
A A A
SURABAYA - Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Lestari Priansari Marsudi mengajak para masiswa di Surabaya untuk memberikan dukungan terhadap Palestina atas konflik yang terjadi dengan Israel.

Ajakan itu disampaikan Retno dihadapan 700 mahasiswa se-Surabaya dalam acara bertajuk Diplomacy Festival atau DiploFest di Aula Garuda Mukti Kantor Manajemen Kampus C Unair Surabaya, Sabtu (24/11/2018).

Bagi Retno, dukungan itu adalah sebagai bagian dari amanah kontitusi. Baginya, mendukung perjuangan Palestina adalah mendukung keadilan. “Masalah Palestina adalah masalah ketidakadilan yang terus-menerus terjadi. Ini adalah masalah kemanusiaan,” ujar Retno.

Masalah Palestina, katanya, tidak kalah penting adalah semua pihak bicara mengenai penghormatan terhadap hukum internasional dan resolusi dewan keamanan PBB. “Kita harus berpihak dan mendukung Palestina. Tidak ada pilihan lain,” sambungnya.

Retno juga menjelaskan, di mata dunia Indonesia dikenal berteman baik dengan banyak negara. Negara Indonesia tidak mencari musuh. Sehingga, ada kepercayaan yang cukup tebal kepada Indonesia di mata dunia.

Salah satu puncak dari kepercayaan itu adalah Indonesia terpilih sebagai anggota tidak tetap dewan keamanan PBB pada Juni 2018. Indonesia mendapat 144 dari 190 suara yang masuk. Dengan itu, Indonesia akhirnya dipercaya kembali untuk duduk di dewan keamanan PBB.

"Kita ini adalah bangsa yang besar. Bangsa yang besar harus berani untuk bersaing dengan negara lain. Saya yakin arek-arek Suroboyo yang sangat kuat patriotisme dan toleransinya akan membawa Indonesia lebih kuat dan lebih besar,” ucapnya
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.4236 seconds (0.1#10.140)