17 Jet Rusia 'Keroyok' Kapal Perang Inggris di Laut Hitam

Selasa, 27 November 2018 - 08:23 WIB
17 Jet Rusia Keroyok Kapal Perang Inggris di Laut Hitam
Kapal perang Inggris, HMS Duncan, dikeroyok 17 jet tempur Rusia di lepas pantai Crimea. Foto/Ist.
A A A
LONDON - Sebanyak 17 jet tempur Rusia, "mengeroyok" kapal perang Angkatan Laut Inggris, HMS Duncan, saat memimpin armada NATO melintasi Laut Hitam di lepas pantai Crimea.

Jet-jet tempur Rusia tersebut, terbang di atasnya dalam sebuah insiden yang disebut sebagai tindakan permusuhan yang kurang ajar di lepas pantai Crimea.

Saat terbang di atas kapal Angkatan Laut Inggris, jet-jet tempur Rusia, terbang begitu dekat sehingga peralatan elektronik mereka bisa diacak oleh sistem radar kapal Inggris, yang mungkin saja bisa menyebabkan kecelakaan.

"Sebagai kapal NATO, kapal [HMS Duncan] telah menghadapi permusuhan Rusia, yang kurang ajar di Laut Hitam dengan jet berdengung di atas, telah dikuntit oleh kapal mata-mata Rusia, dan memainkan peran penting melindungi sekutu NATO selama serangan Inggris, Amerika, dan Prancis, terhadap fasilitas senjata kimia Suriah," ujar Menteri Pertahanan Inggris Gavin Williamson.

"Melalui penempatannya, kapal terdepan di dunia ini dan awaknya melambangkan negara yang akan kita tuju ketika kita keluar dari Uni Eropa-Inggris yang benar-benar global yang melihat keluar dan terlibat di panggung dunia," imbuhnya seperti dikutip dari Sky News, Selasa (27/11/2018).

Laksamana Mike Utley, yang memimpin gugus tugas NATO, mengatakan kapal itu mungkin satu-satunya aset maritim untuk melihat "serangan" sebesar itu dalam 25 tahun terakhir.

"Saya pikir taktik mereka naif," katanya. "Apa yang mereka tidak tahu adalah seberapa mampu kapal itu," sambungnya.

"Ketika Anda melihat banyak aktivitas, saya pikir itu memperkuat sifat dari apa yang orang harapkan saat ini dan mengapa ada tantangan dari Rusia," tegasnya.

Rekaman kejadian, yang terjadi pada bulan Mei, telah diperoleh oleh sebuah film dokumenter Channel 5.

Rekaman ini menunjukkan jet-jet Rusia mengitari kapal Inggris sebelum kembali ke wilayah udara Rusia. Salah satu pilot mengirim pesan ke kapal, mengatakan: "Semoga berhasil, teman-teman."

Salah satu pelaut di kapal HMS Duncan mengatakan mereka merasa pesan itu bisa menjadi peringatan, sementara yang lain tetap yakin kapal mereka dengan 48 rudal bisa menangani jet-jet Rusia.

"Bagi saya itu seperti belum pernah terjadi sebelumnya," kata Komandan Eleanor Stack, kapten HMS Duncan. "Ada lebih banyak pesawat daripada yang kita lihat dalam waktu yang lama," ia menambahkan.

Insiden itu mengikuti kapal perang yang meluncurkan helikopter Merlin Mk2 untuk mencari kapal mata-mata Rusia, yang muncul di radar.

"Mereka mungkin menganggapnya (kehadiran kita di Laut Hitam) menjadi eskalasi, tentu saja tidak," kata Letnan Komandan James Smith.

"Tapi itu tergantung pada bagaimana Anda memutar narasi. Satu hal yang sangat bagus di Rusia adalah memutar narasi," katanya lagi.

"Kami harus menunjukkan dan membuat sendiri juga. Mereka dapat berteriak dan berteriak semua yang mereka inginkan, tetapi kami masih memiliki hak, seperti semua unit ini, berada di tempat kami berada," tegasnya.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3143 seconds (0.1#10.140)